Share

Tambang Emas Terbentang Luas di Dasar Laut? Ini Penjelasan Alquran dan Sains

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 02 September 2021 01:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 01 614 2464676 tambang-emas-terbentang-luas-di-dasar-laut-ini-penjelasan-alquran-dan-sains-DzKCvPEDPo.jpg Ilustrasi dasar laut. (Foto: Eleni Apserou/Unsplash)
A A A

ALQURAN dan sains menyatakan rasio perbandingan antara luas lautan dan daratan di bumi terpaut jauh dengan persentase 71 dan 29 persen. Tidak heran, sumber daya alam termasuk tambang emas lebih banyak jumlahnya di dasar laut ketimbang daratan. Alquran pun mengungkap fakta ini sejak ribuan tahun lalu.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَهُوَ الَّذِي سَخَّرَ الْبَحْرَ لِتَأْكُلُوا مِنْهُ لَحْمًا طَرِيًّا وَتَسْتَخْرِجُوا مِنْهُ حِلْيَةً تَلْبَسُونَهَا وَتَرَى الْفُلْكَ مَوَاخِرَ فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا مِنْ فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: "Dan Dialah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daging yang segar (ikan) darinya, dan (dari lautan itu) kamu mengeluarkan perhiasan yang kamu pakai." (QS An-Nahl: 14)

Baca juga: Kenapa Langit Bisa Terbelah Jadi Merah Mawar? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

Ayat ini merupakan petunjuk dari Allah Subhanahu wa ta'ala bahwa terdapat banyak barang tambang emas di lautan. Sains modern telah membuktikan jika manusia mampu mengeluarkan emas-emas yang ada di lautan, lalu membagi-bagikannya kepada semua penghuni bumi (sekira 6 miliar jiwa), maka bagian tiap orang dapat 1 ton emas.

Dikutip dari 'Buku Pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah' karya Dr Nadiah Thayyarah, halaman 543–544, dijelaskan bahwa di lautan juga terdapat kandungan perunggu yang diperkirakan jumlahnya sekitar 8 miliar ton.

Para ilmuwan mengungkapkan, terdapat kandungan minyak yang cukup besar di lautan, jumlahnya diperkirakan mencapai 17 persen dari total produksi minyak dunia.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Terjadinya Fenomena Belut Listrik serta Ikan Berlampu 

Ilustrasi tambang emas di laut lepas. (Foto: Shutterstock)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Baru-baru ini para ilmuwan menemukan bahwa marjan dan mutiara terdapat di lautan (air asin) dan juga sungai (air tawar). Sebelumnya manusia meyakini bahwa marjan dan mutiara hanya ada di lautan asin.

Baca juga: Alquran dan Sains Beberkan Bukti-Bukti Pemuda Ashabul Kahfi Tidur 309 Tahun di Gua 

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَمَا يَسْتَوِي الْبَحْرَانِ هَٰذَا عَذْبٌ فُرَاتٌ سَائِغٌ شَرَابُهُ وَهَٰذَا مِلْحٌ أُجَاجٌ ۖ وَمِنْ كُلٍّ تَأْكُلُونَ لَحْمًا طَرِيًّا وَتَسْتَخْرِجُونَ حِلْيَةً تَلْبَسُونَهَا ۖ وَتَرَى الْفُلْكَ فِيهِ مَوَاخِرَ لِتَبْتَغُوا مِنْ فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: "Dan tiada sama (antara) dua laut; yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. Dan dari masing-masing laut itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang dapat kamu memakainya, dan pada masing-masingnya kamu lihat kapal-kapal berlayar membelah laut supaya kamu dapat mencari karunia-Nya dan supaya kamu bersyukur." (QS Fathir: 12)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini