Share

Keutamaan Menjauhi Dosa-Dosa Besar Allah Ta'ala Hapuskan Kesalahan-Kesalahan Kecil

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Jum'at 03 September 2021 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 03 330 2465424 keutamaan-menjauhi-dosa-dosa-besar-allah-ta-ala-hapuskan-kesalahan-kesalahan-kecil-RDdXEqVvLt.jpg Keutamaan menjauhi dosa-dosa besar. (Foto: Freepik)
A A A

KEUTAMAAN menjauhi dosa- dosa besar ternyata dapat menghapus kesalahan-kesalahan atau dosa-dosa kecil. Ini adalah hal yang patut diperhatikan sebagaimana Allah ‘azza wa jalla berfirman dalam Alquran Surat An-Nisa ayat 31.

Adapun bunyi surat itu yakni: 

إِن تَجْتَنِبُوا۟ كَبَآئِرَ مَا تُنْهَوْنَ عَنْهُ نُكَفِّرْ عَنكُمْ سَيِّـَٔاتِكُمْ وَنُدْخِلْكُم مُّدْخَلًا كَرِيمًا

“Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosa kecilmu) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga).” [An-Nisa: 31]

Baca Juga: 6 Keutamaan Memberi Nafkah Keluarga

Ustaz Sofyan Ruray menjelaskan bahwa Al-Imam As-Si’di rahimahullah berkata, 

وهذا من فضل الله وإحسانه على عباده المؤمنين وعدهم أنهم إذا اجتنبوا كبائر المنهيات غفر لهم جميع الذنوب والسيئات وأدخلهم مدخلا كريما كثير الخير وهو الجنة المشتملة على ما لا عين رأت، ولا أذن سمعت، ولا خطر على قلب بشر.

ويدخل في اجتناب الكبائر فعل الفرائض التي يكون تاركها مرتكبا كبيرة، كالصلوات الخمس، والجمعة، وصوم رمضان، كما قال النبي صلى الله عليه وسلم “الصلوات الخمس والجمعة إلى الجمعة ورمضان إلى رمضان مكفرات لما بينهما ما اجتنبت الكبائر”.

وأحسن ما حُدت به الكبائر، أن الكبيرة ما فيه حد في الدنيا، أو وعيد في الآخرة، أو نفي إيمان، أو ترتيب لعنة، أو غضب عليه.

“Dan ini termasuk anugerah dan kebaikan Allah untuk hamba-hamba-Nya yang beriman. Allah berjanji kepada mereka bahwa apabila mereka menjauhi dosa-dosa besar, maka Allah akan mengampuni semua dosa dan kesalahan mereka, dan akan memasukkan mereka ke tempat mulia yang melimpah kebaikannya, yaitu surga yang kenikmatannya belum pernah terlihat oleh mata, belum pernah terdengar oleh telinga dan belum pernah terbetik di hati manusia.

Baca Juga: Begini Akibat Jika Bersandar Harapan dan Mencari Ridha kepada Manusia

Dan termasuk menjauhi dosa-dosa besar adalah mengamalkan kewajiban-kewajiban yang apabila ditinggalkan adalah dosa besar, seperti sholat lima waktu, sholat Jum’at dan puasa Ramadhan, sebagaimana sabda Nabi shallallahu’alaihi wa sallam, 

الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ، وَالْجُمْعَةُ إِلَى الْجُمْعَةِ، وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ، مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ مَا اجتنبت الْكَبَائِرُ

 “Sholat yang lima waktu, sholat Jum’at sampai Jum’at berikutnya, dan puasa Ramadhan sampai Ramadhan berikutnya, adalah penghapus-penghapus dosa di antara waktu-waktu tersebut, selama dosa-dosa besar dijauhi.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dan penjelasan terbaik tentang batasan dosa besar adalah bahwa dosa besar itu yang terdapat:

– Hukuman had untuk pelakunya di dunia.

– Ancaman azab di akhirat.

– Penafikan iman dari pelakunya.

– Menyebabkan laknat atasnya.

– Penyebutan murka Allah atasnya.” [Tafsir As-Si’di, hal. 176]

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini