Share

Keutamaan Surat Al Infitar Ayat 6, Lengkap Terjemahan dan Artinya

Hantoro, Jurnalis · Senin 06 September 2021 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 06 330 2466814 keutamaan-surat-al-infitar-ayat-6-lengkap-terjemahan-dan-artinya-qTBcmTbXba.jpg Ilustrasi keutamaan Surat Al Infitar. (Foto: Afshad/Pixabay)
A A A

KEUTAMAAN Surat Al Infitar sebaiknya diketahui setiap Muslim. Ini merupakan termasuk surat Makiyyah atau yang diturunkan di Kota Makkah, Arab Saudi.

Al Infitar merupakan surat ke-82 di dalam kitab suci Alquran. Surat Al Infitar memiliki arti 'Terbelah' dan terdiri dari 19 ayat.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Buah yang Bisa Bunuh Sel Kanker, Apa Itu? 

Adapun keutamaan Surat Al Infitar Ayat 6 adalah sebagai berikut, dikutip dari Alquran Digital Okezone, Senin (6/9/2021).

يٰۤاَيُّهَا الۡاِنۡسَانُ مَا غَرَّكَ بِرَبِّكَ الۡكَرِيۡمِ

Yaaa ayyuhal insaaanu maa gharraka bi Rabbikal kareem

Artinya: "Wahai manusia, apakah yang telah memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhanmu Yang Maha Mulia." (QS Al Infitar: 6)

Baca juga: Tulang Berperan Terhadap Keturunan Manusia? Ini Jawaban Alquran dan Sains 

Ilustrasi keutamaan Surat Al Infitar.

Tafsir

Dalam ayat ini, Allah Subhanahu wa ta'ala mencela manusia-manusia yang kafir, teperdaya, dan berani berbuat hal-hal yang dilarang Allah Ta'ala. Padahal, Allah Maha Pemurah dengan berbagai karunia yang dianugerahkannya kepada manusia, seperti rezeki yang banyak, keturunan yang baik dan salih, kesehatan tubuh, dan lain-lain.

Seharusnya mereka bersyukur sebagai balasan atas kemurahan Allah Subhanahu wa ta'ala, bukan berbuat sebaliknya. Peringatan Allah Ta'ala untuk tidak teperdaya oleh apa pun sehingga tidak terdorong untuk berlaku sombong kepada-Nya disebutkan kembali dalam firman-Nya:

يٰۤاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوۡا رَبَّكُمۡ وَاخۡشَوۡا يَوۡمًا لَّا يَجۡزِىۡ وَالِدٌ عَنۡ وَّلَدِهٖ وَلَا مَوۡلُوۡدٌ هُوَ جَازٍ عَنۡ وَّالِدِهٖ شَيۡـــًٔا ؕ اِنَّ وَعۡدَ اللّٰهِ حَقٌّ ۖ فَلَا تَغُرَّنَّكُمُ الۡحَيٰوةُ الدُّنۡيَا وَلَا يَغُرَّنَّكُمۡ بِاللّٰهِ الۡغَرُوۡرُ‏

Yaaa ayyuhan naasuttaqoo Rabbakum wakhshaw Yawmal laa yajzee waalidun 'anw waladihee wa laa mawloodun huwa jaazin 'anw waalidihee shai'aa; innaa wa'dal laahi haqqun falaa taghurran nakumul hayaatud dunyaa wa laa yaghur rannakum billaahil gharoon

Artinya: "Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu dan takutlah pada hari yang (ketika itu) seorang bapak tidak dapat menolong anaknya, dan seorang anak tidak dapat (pula) menolong bapaknya sedikit pun. Sungguh, janji Allah pasti benar, maka janganlah sekali-kali kamu teperdaya oleh kehidupan dunia, dan jangan sampai kamu teperdaya oleh penipu dalam (menaati) Allah." (QS Luqman: 33)

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini