Share

Keutamaan Surah Al Mutaffifin Ayat 1-3, Pentingnya Adab Berdagang

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 06 September 2021 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 06 330 2466853 keutamaan-surah-al-mutaffifin-ayat-1-3-pentingnya-adab-berdagang-lT2yy9FGaX.jpg Ilustrasi Keutamaan Surah Al Mutaffifin. (Foto: Mucahityildiz/Pixabay)
A A A

KEUTAMAAN Surah Al Mutaffifin perlu diketahui kaum Muslimin. Terlebih lagi pada ayat 1 sampai 3 yang memberitahukan adab-adab berdagang sesuai ajaran agama Islam.

Surah Al Mutaffifin memiliki arti 'Orang-orang yang curang'. Al Mutaffifin tergolong surah Makkiyyah atau diturunkan di Kota Makkah, Arab Saudi. Al Mutaffifin merupakan surah ke-83 dalam kitab suci Alquran. Surah Al Mutaffifin terdiri dari 36 ayat.

Baca juga: Keutamaan Surat Al Infitar Ayat 6, Lengkap Terjemahan dan Artinya 

Dikutip dari tausiyah di kanal YouTube-nya, Ustadz Dr Firanda Andirja Lc MA mengatakan Allah Subhanahu wa ta'ala mengingatkan para pedagang agar tidak curang saat bertransaksi niaga. Hal ini ditegaskan dalam Alquran pada Surah Al Muthaffifin Ayat 1–3.

وَيْلٌ لِّلْمُطَفِّفِينَ ‎﴿١﴾‏ الَّذِينَ إِذَا اكْتَالُوا عَلَى النَّاسِ يَسْتَوْفُونَ ‎﴿٢﴾‏ وَإِذَا كَالُوهُمْ أَو وَّزَنُوهُمْ يُخْسِرُونَ

Artinya: "Celakalah bagi orang-orang yang curang (dalam menakar dan menimbang). (yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain, mereka minta dicukupkan dan apabila mereka menakar atau menimbang (untuk orang lain), mereka mengurangi." (QS Al-Muthaffifin: 1–3)

Ilustrasi keutamaan Surah Al Mutaffifin. (Foto: Unsplash)

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Buah yang Bisa Bunuh Sel Kanker, Apa Itu? 

Terkait dengan kata وَيْلٌ , ada dua pendapat di kalangan para ahli tafsir. Pendapat yang pertama mengatakan bahwaوَيْلٌ adalah nama sebuah lembah di neraka jahannam. Ada riwayat yang menunjukkan hal ini tetapi sebagian ulama melemahkan riwayat tentang hal ini.

Pendapat yang kedua mengatakan bahwa kata وَيْلٌ dikembalikan kepada ushlub bahasa Arab, sehingga artinya adalah kecelakaan dan kebinasaan. Sehingga pendapat yang kedua lebih kuat jika ditinjau dari sisi bahasa.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain itu, ancaman ini akan menimbulkan kesan yang lebih mengerikan karena dia tidak mengetahui kecelakaan dan kebinasaan apa yang akan menimpanya, yang tahu hanyalah Allah Subhanahu wa ta'ala kecelakaan apa yang pantas dia dapatkan.

Baca juga: Tulang Berperan Terhadap Keturunan Manusia? Ini Jawaban Alquran dan Sains 

Adapun firman Allah لِّلْمُطَفِّفِينَ, maka kata التَّطْفِيْفُ diambil dari kata الطُّفَافُ yang maknanya adalah ukuran kurang dari segenggam tangan sehingga makna الطُّفَافُ adalah sedikit tambahan (Lihat At-Thrir wa At-Tanwiir 30/189). Ibnu Jarir juga berkata:

وَأَصْلُ ذَلِكَ مِنَ الشَّيْءِ الطَّفِيفِ، وَهُوَ الْقَلِيلُ

Artinya: "Dan asal hal ini dari sesuatu yang At-Thofiif yaitu sesuatu yang sedikit." (Tafsir At-Thobari 24/185)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini