Share

Surat Al Insyiqaq untuk Ibu Hamil, Benarkah Ada Tuntunannya?

Hantoro, Jurnalis · Senin 06 September 2021 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 06 330 2466887 surat-al-insyiqaq-untuk-ibu-hamil-benarkah-ada-tuntunannya-2zGdSX6eq0.jpg Ilustrasi Surat Al Insyiqaq untuk ibu hamil. (Foto: Freepik)
A A A

SURAT Al Insyiqaq untuk ibu hamil, banyak orang bertanya-tanya, benarkah ada tuntunannya. Al Insyiqaq memiliki arti 'Terbelah'. Ini merupakan surat ke-84 dalam kitab suci Alquran.

Surat Al Insyiqaq termasuk golongan Makkiyyah karena diturunkan di Kota Makkah, Arab Saudi. Surat ini tersiri dari 25 ayat.

Baca juga: Keutamaan Surat Al Infitar Ayat 6, Lengkap Terjemahan dan Artinya 

Adapun beberapa ayat suci Alquran yang dinilai bermanfaat untuk ibu hamil, termasuk Surat Al Insyiqaq Ayat 1–4, bukan didasarkan pada sunah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Ini berasal dari pengalaman dan perkataan para generasi salaf. Demikian sebagaimana Okezone rangkum.

Al Khalal mengatakan: Mengabarkan kepadaku Abu Bakar Al Marwazi bahwa ada seseorang datang kepada Abu Abdullah (Imam Ahmad), dan berkata: "Wahai Abu Abdillah (Imam Ahmad), kau menulis untuk wanita yang kesulitan melahirkan sejak dua hari yang lalu?" Dia menjawab: "Katakan baginya, datanglah dengan wadah yang lebar dan minyak za’faran." Aku melihat dia menulis untuk lebih dari satu orang. (Zaadul Ma’ad, 4/357. Muasasah Ar Risalah)

Ilustrasi Surat Al Insyiqaq untuk ibu hamil. (Foto: Shutterstock)

Baca juga: Keutamaan Surah Al Mutaffifin Ayat 1-3, Pentingnya Adab Berdagang 

Beliau juga mengatakan:

وَرَخّصَ جَمَاعَةٌ مِنْ السّلَفِ فِي كِتَابَةِ بَعْضِ الْقُرْآنِ وَشُرْبِهِ وَجَعَلَ ذَلِكَ مِنْ الشّفَاءِ الّذِي جَعَلَ اللّه فِيهِ . كِتَابٌ آخَرُ لِذَلِكَ يُكْتَبُ فِي إنَاءٍ نَظِيفٍ { إِذَا السّمَاءُ انْشَقّتْ وَأَذِنَتْ لِرَبّهَا وَحُقّتْ وَإِذَا الْأَرْضُ مُدّتْ وَأَلْقَتْ مَا فِيهَا وَتَخَلّتْ } [ الِانْشِقَاقُ 41 ] وَتَشْرَبُ مِنْهُ الْحَامِلُ وَيُرَشّ عَلَى بَطْنِهَا .

"Segolongan kaum salaf memberikan keringanan dalam hal menuliskan sebagian dari ayat Alquran dan meminumnya, dan menjadikannya sebagai obat yang Allah jadikan padanya. Untuk itu, dituliskan di bejana yang bersih:

Apabila langit terbelah, dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya langit itu patuh, dan apabila bumi diratakan, dan dilemparkan apa yang ada di dalamnya dan menjadi kosong." (QS Al Insyiqaq: 1–4)

Kemudian diminumkan kepada orang hamil dan diusapkan ke perutnya. (Ibid, 4/358).

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini