Share

3 Alasan Kucing Sering Menjilati Jari-Jari Pemiliknya

Intan Afika Nuur Aziizah, Okezone · Rabu 08 September 2021 08:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 08 612 2467854 3-alasan-kucing-sering-menjilati-jari-jari-pemiliknya-6u3MsPDwWj.jpg Ilustrasi kucing peliharaan. (Foto: Shutterstock)
A A A

HAL yang wajar jika seekor anjing menjilati tangan pemiliknya. Hal itu merupakan bentuk kasih sayangnya kepada sang pemilik. Namun, apakah hal itu sama dengan kucing?

Terkadang makhluk menggemaskan tersebut juga suka menjilati jari-jari pemiliknya. Kira-kira kenapa ya? Apakah itu bentuk rasa sayang kucing kepada pemiliknya? Atau, mereka hanya ingin menjilatinya saja?

Sebagaimana dikutip dari laman Cattime, Rabu (8/9/2021), berikut ini tiga alasan kucing suka menjilati sesuatu, termasuk jari-jari pemiliknya.

Baca juga: Viral Anjing Pisahkan 2 Kucing Berkelahi, Netizen: Penengah yang Baik 

Hewan kucing.

1. Menandai Anda pemiliknya

Kucing kerap menjilat untuk menandakan bahwa Anda adalah pemilik mereka. Hal ini sama dengan induk kucing yang menjilati anaknya. Dengan menjilati, mereka menandai sesuatu dengan bau uniknya hingga mereka bisa mengenali bahwa itu milik atau sesuatu yang mereka kenali sebelumnya.

Sama halnya dengan induk kucing yang menjilati anaknya. Sang induk akan mengenali anaknya lewat bau yang sudah dia tandai. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati jika menyentuh atau merawat anak kucing. Jangan sampai baunya tersamarkan dan membuat sang induk menganggap kalau itu bukan anaknya. Hal tersebut bisa membuat induk kucing enggan menyusui dan merawat anaknya.

Baca juga: Hari Kucing Sedunia, Kenali 6 fakta Unik Seputar Hewan Berbulu Ini 

2. Merasa cemas

Jika kucing Anda menjilati tubuhnya terlalu berlebihan, itu pertanda bahwa mereka merasa cemas. Oleh karena itu, Anda harus mencari tahu sumber kecemasan mereka dan segera menyingkirkannya. Anda bisa membawanya ke dokter hewan jika kucing Anda menjilati tubuhnya secara berlebihan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Membersihkan sesuatu

Setelah kucing mengenali bahwa Anda adalah pemiliknya, mereka akan terus menjilati sebagai bentuk perhatian untuk merawat Anda. Induk kucing juga menggunakan jilatan sebagai upaya untuk membersihkan anak-anaknya.

Mungkin kucing menjilati Anda karena meniru perlakuan induknya kepada mereka semasa kecil. Jika kucing menjilati, Anda harus merasa terhormat. Itu pertanda bahwa kucing nyaman dan merasa aman berada di sekitar Anda.

Baca juga: Viral Kucing-Kucing Berisik Tunggu Makanan di Hajatan Ulang Tahun 

Kucing. (Foto: Chunleu Ju/Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini