Share

Benarkah Gunung Memengaruhi Turunnya Hujan? Ini Penjelasan Alquran dan Sains

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 09 September 2021 00:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 08 614 2468128 benarkah-gunung-memengaruhi-turunnya-hujan-ini-penjelasan-alquran-dan-sains-6nU68BNx7A.jpg Ilustrasi Alquran dan sains mengungkap gunung-gunung berperan terjadinya hujan. (Foto: Unsplash)
A A A

ALQURAN dan sains kali ini coba menjelaskan gunung berperan dalam proses terjadinya hujan. Para ilmuwan sudah membuktikan adanya keterkaitan langsung antara gunung-gunung yang tinggi dan air hujan yang tawar.

Dikutip dari buku 'Sains dalam Alquran' karya Dr Nadiah Thayyarah, diterangkan bahwa ketika gunung-gunung yang tinggi mendapat terpaan angin yang membawa uap air, ia menjadi semacam perangkap hujan.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Proses Kehancuran Alam Semesta saat Kiamat Kelak 

Para ilmuwan telah membuktikan bahwa sebagian besar hujan turun di kawasan pegunungan yang tinggi. Makin rendah gunung, makin sedikit hujan yang turun di daerah itu.

Dengan demikian, mata air sungai memancar dari pegunungan. Para ahli mengatakan hawa dingin pada lapisan atas udara dan puncak-puncak gunung yang tinggi merupakan dua pemicu utama pembentukan awan hujan dan turunnya hujan ke bumi.

Gunung. (Foto: Okezone)

Para ilmuwan juga telah menemukan hubungan lain antara gunung-gunung tinggi dan air hujan. Gunung-gunung yang tinggi memiliki ruang penyimpanan yang sangat besar di dalam perutnya.

Di ruangan itulah gunung menyimpan air, lalu dari situlah mata air memancarkan air dan membentuk sungai-sungai.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Perbedaan Tanah Hitam dan Berpasir 

Dalam kitab suci Alquran disebutkan mengenai gunung-gunung yang tinggi. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَجَعَلْنَا فِيهَا رَوَاسِيَ شَامِخَاتٍ وَأَسْقَيْنَاكُمْ مَاءً فُرَاتًا

Artinya: "Dan Kami jadikan padanya gunung-gunung yang tinggi, dan Kami beri minum kamu dengan air tawar?" (QS Al Mursalat: 27)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kemudian Allah Subhanahu wa ta'ala juga berfirman:

وَهُوَ الَّذِي مَدَّ الْأَرْضَ وَجَعَلَ فِيهَا رَوَاسِيَ وَأَنْهَارًا ۖ وَمِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ جَعَلَ فِيهَا زَوْجَيْنِ اثْنَيْنِ ۖ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: "Dan Dialah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasang-pasangan, Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan." (QS Ar-Ra'd: 3)

Baca juga: Alquran dan Sains: Ini Tanda-Tanda yang Diperlihatkan Matahari pada Hari Kiamat 

Kata rawasi (gunung-gunung) ada yang dikaitkan dengan anhar (sungai-sungai) dan ma' (air). Ini antara lain menunjukkan adanya hubungan secara langsung di antara keduanya.

Wallahu a'lam bishawab.

Gunung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini