Share

Alquran dan Sains Jelaskan Penyebab Air Laut serta Tawar Tidak Bisa Bercampur

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 09 September 2021 01:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 08 614 2468174 alquran-dan-sains-jelaskan-penyebab-air-laut-serta-tawar-tidak-bisa-bercampur-TRWJc0bY6s.jpg Ilustrasi Alquran dan sains mengungkap penyebab air laut serta air tawar tidak bisa bercampur. (Foto: Shutterstock)
A A A

ALQURAN dan sains mengungkap fakta air laut dan air tawar tidak bisa bercampur. Fenomena alam ini bisa disaksikan di Selat Gibraltar. Di sana tampak dua laut yang berbeda warna, tidak dapat bersatu.

Dalam sebuah video viral yang diunggah ke YouTube memperlihatkan ada dua warna air berbeda di lautan luas. Satu sisi berwarna biru tua, sedangkan sisi lainnya memiliki warna berbeda. Satu dari dua warna laut tersebut memiliki kandungan air tawar.

Baca juga: Mau Buang Racun di Tubuh? Ini Solusi Praktis dari Alquran dan Sains 

Ahli oseanografi bernama Francis J Cousteau pernah menyampaikan laporannya sebagai hasil pengkajiannya terhadap fenomena alam tersebut.

Peristiwa tersebut terjadi di Selat Gibraltar yang dapat dijelaskan secara sains. Selat Gibraltar merupakan pertemuan antara Laut Mediterania dan Laut Atlantik.

Selat Gibraltar. (Foto: Quora)

"Kami mempelajari pernyataan peneliti tertentu tentang penghalang yang memisahkan lautan dan mengamati bahwa Laut Mediterania memiliki salinitas dan kerapatan yang berbeda serta menjadi tempat hunian bagi flora dan fauna yang khas dari tempat itu," ungkap Cousteau, seperti dikutip dari buku 'Alquran vs Sains Modern Menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dan kawan-kawan.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Bawang Putih Obat dari Puluhan Penyakit 

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa ia dan tim meneliti air di Samudera Atlantik kemudian menemukan sifat yang sama sekali berbeda dengan Laut Mediterania.

Awalnya mereka mengira kedua laut yang bertemu di Selat Gibraltar mestinya menunjukkan sifat yang serupa dalam salinitas, kerapatan, dan sifat-sifat lainnya. Namun, kedua laut itu menunjukkan sifat berbeda walaupun keduanya berdampingan. Hal tersebut sangat mengherankan.

"Sebuah tabir ajaib mencegah keduanya bercampur. Tabir serupa juga diamati di Bab Al Mandab di Teluk Aden yang bertemu dengan Laut Merah," tambahnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Fenomena alam bertemunya dua air laut tapi tidak saling bercampur ini juga disebabkan gaya fisika yang disebut "tegangan permukaan". Para ahli kelautan menemukan bahwa air dari laut-laut yang bersebelahan memiliki perbedaan massa jenis.

Dikarenakan perbedaan massa jenis inilah tegangan permukaan mencegah dua lautan untuk saling bercampur, seolah-olah terdapat dinding tipis yang memisahkan keduanya.

Baca juga: Tambang Emas Terbentang Luas di Dasar Laut? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

Pembatas yang ada di antara pertemuan dua jenis air ini dijelaskan sekira 14 abad lalu di dalam salah satu ayat Alquran.

وَهُوَ الَّذِي مَرَجَ الْبَحْرَيْنِ هَٰذَا عَذْبٌ فُرَاتٌ وَهَٰذَا مِلْحٌ أُجَاجٌ وَجَعَلَ بَيْنَهُمَا بَرْزَخًا وَحِجْرًا مَحْجُورًا

Artinya: "Dan Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi." (QS Al Furqan: 53)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Alquran dan Sains: Sidik Jari Dibentuk Beberapa Saat Sebelum Bayi Dilahirkan 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini