Share

Sedekah Kok Malah Bikin Kaya Raya? Ini Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 09 September 2021 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 330 2468869 sedekah-kok-malah-bikin-kaya-raya-ini-penjelasan-ustadz-khalid-basalamah-ULSaHIdGhb.jpg Ilustrasi sedekah. (Foto: Okezone)
A A A

USTADZ Dr Khalid Basalamah Lc MA mengungkap hikmah terbesar dari sedekah di jalan Allah Subhanahu wa ta'ala. Sedekah atau infak tersebut bisa berupa memberi bantuan kepada anak yatim, fakir, miskin, atau orang yang membutuhkan. Ini menjadi salah satu anjuran Allah Ta'ala.

Sedekah, kata Ustadz Khalid Basalamah, menjadi kunci dibukakannya pintu rezeki oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Setiap sedekah yang diberikan kaum Muslimin, baik berupa harta, makanan, atau pakaian; maka Allah Ta'ala akan membalasnya berkali lipat.

Baca juga: Waspada, Ini 3 Golongan Manusia yang Tidak Diajak Bicara Allah pada Hari Kiamat 

"Kunci untuk menjadi kaya raya bagi seorang muslim adalah dengan berinfak dan bersedekah. Bilamana kita sering mendengar orang mengatakan menjadi kaya raya dengan menabung, menabung pangkal kaya; justru Islam mewariskan bahwa sedekah pangkal kaya," kata Ustadz Khalid Basalamah, dikutip dari kanal YouTube-nya Khalid Basalamah Official.

Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA. (Foto: YouTube Khalid Basalamah Official)

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam ayat suci Alquran:

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: "Jika kamu menampakkan sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Maha Teliti apa yang kamu kerjakan." (QS Al Baqarah: 271)

Baca juga: Berbakti kepada Orangtua Wujud Syukur atas Nikmat Allah Ta'ala 

Ustadz Khalid mengatakan, makin banyak sedekah yang diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan, maka makin banyak pula rezeki yang akan Allah Subhanahu wa ta'ala berikan kepada si pemberi tersebut.

Setiap muslim harus memahami bahwa semua yang dimiliki seperti harta benda semata-mata titipan Allah Subhanahu wa ta'ala yang harus dibersihkan dengan bersedekah di jalan-Nya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam berkata, "Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman: 'Wahai anak Adam, berinfaklah, niscaya Aku berinfak (memberi rizki) kepadamu'."

Dalam hadis lain yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Siapa yang membangun rumah Allah di muka bumi (termasuk bersedekah), Allah akan membangunkan baginya istana di surga."

Baca juga: Kenapa Baca Alhamdulillah Usai Makan? Ini Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah 

Ustadz Khalid mengatakan bahwa betapa besar jaminan Allah Subhanahu wa ta'ala bagi orang yang bersedekah.

"Ternyata kunci untuk menjadi kaya itu dengan bersedekah seperti ini. Apabila saudara Muslim sekalian melihat celengan masjid, berikanlah sebagian hartamu. Berapa banyak yang sering kita temukan kotak-kotak amal yang kita temui di pinggir jalan butuh bantuan untuk membangun masjid? Kalau kita sudah berikan hari ini Rp10 ribu, maka di keesokan harinya pun kita berikan lagi," kata Ustadz Khalid.

Dai kelahiran Makassar ini melanjutkan, "Dalam 10 hari bersedekah secara terus-menerus, jika sekali maka akan dibuatkan istana surga, dan jika beratus-ratus kali juga akan dibuatkan beratus istana di surga."

Baca juga: Jalan Mudah Menuju Surga, Tuntutlah Ilmu 

Ustadz Khalid menyebutkan sekali bersedekah karena Allah Subhanahu wa ta'ala, maka Allah akan membalas kebaikan itu hingga 10 kali lipat minimal. Ini sebagaimana firman Allah dalam Surah Al An’am Ayat 160:

مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا ۖ وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَىٰ إِلَّا مِثْلَهَا وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ

Artinya: "Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan)." (QS Al An'am: 160)

Baca juga: Kiat-Kiat Hijrah ala Ustadz Khalid Basalamah, Pahami Dulu Keutamaan Ibadah 

Selain akan dibalas berkali lipat kebaikan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala, bersedekah juga dapat menggugurkan dosa serta menghindari seseorang dari bala atau bencana.

Wallahu a'lam bishawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini