Share

Terungkap Wujud Mumi Ratu Tiye Istri Firaun, Rambutnya Masih Utuh Tebal

Muhammad Sukardi, Okezone · Kamis 09 September 2021 09:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 612 2468531 terungkap-wujud-mumi-ratu-tiye-istri-firaun-rambutnya-masih-utuh-tebal-RWlUQhQ4E6.jpg Wujud mumi Ratu Tiye istri Raja Firaun Amenhotep III. (Foto: Instagram @jejaksejarah1)
A A A

MUMI Ratu Tiye, istri Raja Firaun Amenhotep III, menggegerkan media sosial. Dari foto yang tersebar terlihat tulang-belulang Ratu Tiye masih utuh, bahkan sampai rambut tebalnya tetap ada di dalam peti.

Kabar viral wujud Ratu Tiye ini dibagikan akun Instagram @jejaksejarah1 melalui unggahannya. Dari keterangan foto yang ditulis, diketahui bahwa Ratu Tiye merupakan istri Firaun dari Akhenaten. Ratu Tiye juga nenek dari kedua Raja Firaun Tutankhamun dan Ankhesenamun.

Baca juga: Prasasti Berusia 2.600 Tahun Milik Firaun DItemukan di Mesir 

Bisa dijelaskan sedikit bagaimana potret dari mumi Ratu Tiye bahwa tulang-belulangnya masih utuh. Salah satu tangannya ditempatkan di atas dada dan masih lengkap keseluruhannya.

Bagian wajah pun demikian. Mulai dari bagian mata, hidung, mulut, bahkan dagu masih terlihat sangat lengkap. Ya, tentunya ini efek dari me-mumi-kan manusia dengan zat kimia tertentu sehingga tubuhnya tetap utuh.

Mumi Ratu Tiye istri Raja Firaun Amenhotep III. (Foto: Instagram @jejaksejarah1)

Melihat foto ini, netizen memberikan komentar beragam. Lalu banyak yang salah fokus dengan penampakan mumi Ratu Tiye.

"Dagunya lancip," tulis akun @itakusm*** di kolom komentar.

Baca juga: PPKM Level 4, Gus Mus Isi Waktu di Rumah Aja dengan Masak Makanan Zaman Firaun

"Rambutnya," ungkap @senja_aldi***.

"Pasti dulunya dia cantik," komentar @akibarswe***.

"Itu jarinya lagi nunjukin apa sih?" tanya @nofriyanti_herw****.

Mumi Ratu Tiye istri Raja Firaun Amenhotep III. (Foto: Historicaleve)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sedikit informasi mengenai Ratu Tiye, menurut laman Historical Eve, dia adalah perempuan biasa yang bukan berasal dari anggota kerajaan. Ratu Tiye berasal dari Kota Akhmim. Dia tidak pernah malu memberi tahu siapa dirinya.

Ayahnya bernama Yuya, seorang pendeta dan pengawas lembu atau domba. Beberapa informasi juga mengatakan kalau ayah Ratu Tiye bekerja sebagai komandan kereta. Sementara ibunya bernama Tjuyu, seorang penyanyi di Kuil Amun.

Baca juga: Jasad Firaun Tetap Utuh, Penjelasan Al-Qur'an dan Temuan Sains Ternyata Sinkron 

Patung Ratu Tiye istri Raja Firaun Amenhotep III di Museum Berlin Jerman. (Foto: Historicaleve)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini