Share

Doa Dijauhkan dari Penyakit, Termasuk Covid-19

Hantoro, Jurnalis · Senin 13 September 2021 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 618 2470515 doa-diajuhkan-dari-penyakit-termasuk-covid-19-PdfQnnIWDy.jpg Ilustrasi doa dijauhkan dari penyakit. (Foto: Shutterstock)
A A A

DOA dijauhkan dari penyakit wajib diketahui setiap Muslim, terutama di masa pandemi covid-19 seperti saat ini. Membaca doa tersebut sebagai bentuk ikhtiar dan tawakal kepada Allah Subhanahu wa ta'ala di tengah wabah penyakit melanda.

Sebagaimana dinukil dari laman Rumaysho, Senin (13/9/2021), Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal ST MSc menerangkan bahwa doa berikut ini sangat bagus diamalkan agar terhindar dari berbagai penyakit, terutama yang membuat orang lain menjauh, seperti penyakit kulit dan kegilaan.

Baca juga: 9 Doa Setelah Sholat Fardhu dan Berzikir Sepatutnya Jangan Ditinggalkan 

Adapun lafaz doa terhindar dari wabah penyakit, termasuk virus corona atau covid-19 adalah:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُونِ وَالْجُذَامِ وَمِنْ سَيِّئِ اْلأَسْقَامِ

Allahumma innii 'auudzu bika minal baroshi wal junuuni wal judzaami wa min sayyi'il asqam

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, kusta, dan dari segala penyakit yang buruk lainnya." (HR Abu Daud Nomor 1554; Ahmad 3: 192. Syekh Al Albani mengatakan hadis ini sahih. Syekh Salim bin Ied Al Hilaliy dalam Bahjah An-Nazhirin juga menyatakan sanad hadis ini sahih)

Ilustrasi doa dijauhkan dari penyakit. (Foto: Shutterstock)

Baca juga: 6 Dalil Mustajabnya Berdoa pada Hari Jumat di Akhir Waktu Ashar 

Ustadz Muhammad Abduh menjelaskan, faedah hadis doa terhindar dari wabah penyakit ini adalah:

1. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam meminta perlindungan dari penyakit yang jelek untuk mengajarkan kita bersabar, supaya tidak banyak mengeluh, yang akhirnya membuat kita luput dari pahala.

2. Penyakit-penyakit yang disebutkan di sini punya dampak jelek pada penampilan dan fisik, sehingga bisa membuat orang lain menjauh.

3. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam tidak meminta perlindungan dari semua penyakit karena sakit sendiri dapat membersihkan dosa asalkan mau bersabar. Setiap orang bisa saja tertimpa sakit. Namun, ujian yang paling berat adalah yang dihadapi oleh para nabi lalu orang di bawahnya lagi.

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini