Share

Jangan Tempel Ponsel di Phone Holder Sepeda Motor, Ini Efek Buruknya

Bertold Ananda, Jurnalis · Rabu 15 September 2021 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 14 53 2471104 jangan-tempel-ponsel-di-phone-holder-sepeda-motor-ini-efek-buruknya-JsryxLXID5.jpg Ilustrasi pengendara lihat HP (Okezone)

SERING sekali terlihat pengendara menggantungkan ponsel pintar pada phone holder sepeda motor. Hal itu ternyata tidak baik dan dianjurkan loh. Khususnya bagi Anda pemilik smartphone iPhone.

Apple yang meruakan raksasa teknologi Amerika Serikat telah memperingatkan bahwa getaran amplitudo tinggi sebenarnya dapat merusak kamera iPhone. Sebab mengendarai sebuah sepeda motor akan menimbulkan getaran.

Baca juga: Motor Terbang Segera Hadir di Dunia, Begini Bentuk dan Spesifikasinya

Kemudian getaran amplitudo tinggi dapat dihasilkan oleh mesin sepeda motor berdaya tinggi dan ditransmisikan melalui setang ke telepon saat perangkat dipasang ke setang.

Dilansir dari Hindustan Times, Selasa (14/9/2021), pihak perusahaan dengan lambang apel kegigit itu mengatakan bahwa hal ini akan menyebabkan kerusakan serius dan permanen.

Biasanya sering ditemukan pada jasa layanan masyarakat seperti pengemudi ojek online lebih sering menggunakan dudukan telepon saat mengendarai sepeda motor untuk navigasi.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini 5 Tips Merawat Motor Injeksi

Nyatanya bahwa selama beberapa tahun terakhir sudah banyak kasus kerusakan serius pada Iphone terutama pada kamera yang tidak berfungsi berdampak dari orang yang menggunakan iPhone di sepeda motor mereka untuk navigasi.

Pihak produsen juga mengatakan bahwa terutama pada seri Iphone 7 dan model setelahnya terdapat sistem optical image stabilization (OIS) dan close-loop autofocus (AF) kamera iPhone yang mudah rusak oleh paparan jangka panjang terhadap getaran amplitudo tinggi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

OIS di kamera membantu perangkat menangkap gambar yang stabil dengan mendeteksi gerakan melalui sensor giroskop.

Kemudian giroskop mengubah sudutnya tergantung pada deteksi gerakan dan lensa bergerak sesuai dengan itu dalam upaya untuk mencegah kekaburan saat kamera secara tidak sengaja bergerak saat mengambil gambar.

Ilustrasi

Di sisi lain, AF loop tertutup membantu mengukur getaran untuk mengimbangi gerakan. Ini menggunakan sensor magnetik onboard ponsel untuk memposisikan lensa secara akurat

Setiap kali kedua sistem ini menghadapi guncangan dan getaran amplitudo tinggi yang ditimbulkan dari sepeda motor, kinerja sistem pada kamera ini akan terganggu hingga dapat menyebabkan sistem kamera ponsel rusak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini