Share

3 Pelanggaran Dribble dalam Bola Basket yang Perlu Diketahui

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 15 September 2021 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 36 2471962 3-pelanggaran-dribble-dalam-bola-basket-yang-perlu-diketahui-qji58qMtq9.jpg 3 pelanggaran dribble dalam bola basket (Foto: NBA)
A A A

3 pelanggaran dribble dalam bola basket yang perlu diketahui Anda yang menekuni olahraga ini. Dengan tahu pelanggaran saat men-dribble, Anda bisa menghidari kehilangan bola secara sia-sia karena kesalahan sendiri.

Meminimalkan kesalahan individu akan memperlancar permainan tim Anda sehingga peluang menang pun makin besar. Berikut 3 pelanggaran dribble dalam bola basket.

BACA JUGA: 13 Cara Mengoper Bola Basket yang Benar

3. Double Dribble

3 pelanggaran dribble dalam bola basket

(Double dribble tidak dibolehkan dalam permainan bola basket, foto: Istimewa)

Pelanggaran double adalah men-dribble bola dengan dua tangan secara bersamaan. Dribble tidak boleh dilakukan dengan dua tangan.

Menurut aturan yang berlaku, dribble hanya boleh dilakukan dengan salah satu tangan dengan telapak menghadap ke bawah. Jika men-dribble dengan dua tangan, wasit akan memberi Anda pelanggaran.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Walking atau Travelling

3 pelanggaran dribble dalam bola basket

(Pelanggaran sederhana, seperti walking, bisa merugikan tim Anda, foto: Istimewa)

Walking adalah pelanggaran dalam dribble yang cukup umum dalam basket. Selain Walking, pelanggaran ini juga kerap disebut dengan travelling.

Anda akan dianggap melakukan pelanggaran ini jika tidak memantulkan bola dalam dua langkah penuh. Pelanggaran ini biasanya dilakukan oleh para pemula. Hukuman untuk pelanggaran ini adalah bola menjadi milik lawan

Untuk menghindari pelanggaran ini, Anda bisa menggunakan teknik pivot. Dengan demikian, Anda bisa mengoper atau menembah bola.

1. Carrying

3 pelanggaran dribble dalam bola basket

(Carrying salah satu pelanggaran dalam permainan bola basket, foto: Istimewa)

Pelanggaran carrying terjadi ketika Anda men-dribble dan memutar bola dengan tangan, lalu telapak tangan Anda menghadap ke atas seakan sedang menahan bola. Wasit akan memberi Anda pelanggaran jika melakukan itu.

Hukuman bagi Anda adalah bola menjadi milik lawan. Itu cukup merugikan tim Anda jika pelanggaran sederhana tersebut terjadi saat tim Anda tengah menyerang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini