Share

Dubai Punya Kincir Ria Tertinggi di Dunia, Ini Penampakannya

Sevilla Nouval Evanda , Okezone · Rabu 15 September 2021 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 470 2471952 dubai-punya-kincir-ria-tertinggi-di-dunia-ini-penampakannya-FzvJTzjTwR.jpg Kincir Ria di Dubai (Foto: CNBC)
A A A

JAKARTA - Dubai dikabarkan akan meluncurkan wahana terbaru yakni Ain Dubai atau Mata Dubai dalam bahasa Arab. Wahana yang rencananya bakal dibuka pada 21 Oktober mendatang ini bisa jadi roda obesevasi tertinggi dunia.

Sebelumnya, kincir ria High Roller di Las Vegas menempati peringkat pertama roda observasi tertinggi, tetapi sekarang tidak lagi. Pasalnya, Ain Dubai yang setinggi 820 kaki ini bakal menjulang lebih tinggi 270 kaki dibandingkan High Roller. Terlebih, wahana ini juga jadi daya tarik di Bluewaters Island, pulau buatan di Dubai yang dibuka sejak 2018 lalu.

Seperti dilansir dari CNBC, Rabu (15/9/2021). Berikut fakta terkait Ain Dubai:

Dua Kali Ketinggian London Eye

Ain Dubai yang memecahkan rekor melampaui Singapore Flyer setinggi 165 meter dan hampir dua kali lipat ukuran London Eye,” kata Ronald Drake, manajer umum wahana itu.

Baca Juga: Fenomena Rumah Orang Kaya di Pondok Indah-Menteng Dilelang

Struktur Ain Dubai memiliki 48 kabin tertutup. Beberapa di antaranya memuat hingga 40 penumpang. Totalnya, 1.750 orang bisa menaiki wahana di waktu bersamaan. Meski begitu, kapasitas wahana kini masih terbatas karena pandemi Covid-19. Menurut Drake, maksimal 10 orang bisa naik di setiap kabin.

Tak tanggung-tanggung, setiap kabin di Ain Dubai lebih besar dari pada bus tingkat yang diikat bersebelahan. Menurut Ain Dubai, terdapat tiga kabin yang punya fasilitas berbeda. Kabin "observational" untuk pengalaman umum, "social experiences" yang punya akses lounge dan minuman, serta "private" yang bisa disesuaikan untuk pesta makan malam, pertemuan bisnis, dan acara lainnya.

Baca Juga: 6 Rumah Termahal di Dunia, Nomor 1 Harganya Rp41,9 Triliun

Saat dinikmati, wahana ini bakal berlangsung selama 38 menit dan memberikan pemandangan luas yang mencakup pantai Dubai dan cakrawala kota.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Meningkatkan Sektor Pariwisata

Kemudian pembukaan Ain Dubai ini digadang-gadang sebagai upaya Dubai memposisikan kembali daya tariknya dalam wisata global. Hal ini dikatakan Usman Khalid, asisten profesor ekonomi dari Universitas Uni Emirat Arab (UEA).

"Volatilitas minyak yang disebabkan oleh Covid-19 telah membuktikan bahwa UEA perlu melakukan diversifikasi dari minyak dan memperkuat sektor lainnya," tegas dia.

Menurutnya, fokus pada pariwisata telah menjadi salah satu strategi diversifikasi utama UEA, khususnya Dubai. Sebab, tak seperti bagian lain di UEA, Dubai tak banyal menghasilkan minyak. Menurut Forum ekonomi Dunia, kurang dari 1% PDB Dubai berasal dari minyak.

Sedangkan pada 2018, sektor pariwisata Dubai menghasilkan 11,5% dari PDB UEA, menurut Dewan Perdagangan dan Pariwisata Dunia. UEA sendiri menetapkan dirinya sebagai tujuan wisata petualangan dengan wahana baru. Pada Juli lalu, diluncurkan Deep Dive Dubai sedalam 200 kaki, kolam ini jadi kolam selam terdalam dunia.

Selain petualangan dan wisata mewah, Dubai juga meningkatkan wisata budayanya. Menurut Khalid, Dubai bakal menjadi tuan rumah Expo 2020 Dubai mendatang yang menghadirkan seni, masakan, dan teknologi lebih dari 190 negara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini