Share

Temukan Obat Ilegal dan Palsu? Segera Laporkan dengan Cara Ini!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Rabu 15 September 2021 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 612 2471784 temukan-obat-ilegal-dan-palsu-segera-laporkan-dengan-cara-ini-dlEDYUy9MX.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)
A A A

KEBUTUHAN obat di masa pandemi memang mengalami peningkatan. Seiring meningkatnya demand untuk obat tersebut, banyak oknum mulai memanfaatkan hal ini dengan membuat obat-obatan palsu.

Alhasil, ini menjadi tugas tambahan bagi para tenaga kesehatan (Nakes) untuk lebih selektif. Tapi, Anda juga bisa loh melakukan pelaporan obat substandar dan ilegal ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

BPOM telah mengeluarkan aplikasi BPOM Mobile untuk melaporkan obat substandar dan ilegal. Diharapkan cara ini dapat meningkatkan budaya pelaporan obat yang diduga substandar dan ilegal termasuk palsu oleh tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan tempat bekerja.

Merangkum dari laman Instagram resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) @bpom_ri, Rabu (15/9/2021), berikut tata cara menggunakan aplikasi BPOM Mobile untuk melaporkan obat substandar dan ilegal.

BPOM

1.Melakukan login di aplikasi BPOM Mobile. Menggunakan email dan password yang telah terdaftar di Badan POM.

2.Masuk ke menu pengaduan.

3.Isi formulir pengaduan.

4.Ambil foto produk.

5.Klik 'Kirim'.

Pelaporan terkait obat substandar dan ilegal termasuk palsu ini sangat penting untuk dilakukan. Sebab support yang cepat dan efisien untuk melindungi kesehatan masyarakat. Berikut manfaat pelaporan obat secara dini:

1.Menambah data pelaporan produk dan bets yang mungkin telah dilaporkan oleh daerah lain.

2.Telah terjadi risiko terhadap kesehatan (Public Health Threat) yang harus diatasi dan dicegah di masa yang akan datang.

3.Mungkin telah ada hasil uji laboratorium terkait produk yang dicurigai sehingga mempercepat penanganan terhadap risiko kesehatan.

4.Dapat memperoleh informasi dari hasil investigasi yang telah dilakukan untuk produk yang sama.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini