Share

10 Cara Menghemat Energi, Yuk Kencangkan Ikat Pinggang

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Rabu 15 September 2021 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 612 2471837 10-cara-menghemat-energi-yuk-kencangkan-ikat-pinggang-U8NeAFEW7P.jpg Cara Menghemat Energi. (Foto: Shutterstock)
A A A

ADA 10 cara menghemat energi yang bisa kita lakukan untuk menghemat pengeluaran bulanan. Memang mungkin kita harus berinvestasi cukup besar pada awalnya, entah waktu maupun materi.

Nah, Pakar Energi dan Ceo OhmConnect menyebut ada beberapa cara untuk menghemat energi yang bisa kita lakukan. Melansir Huffingtonpost, berikut 10 cara menghemat energi.

1. Jangan Teralu Mengandalkan Mesin

Menggunakan peralatan yang berhubungan dengan mesin, seperti televisi, komputer, dan lainnya secara berlebihan akan membuat tagihan listrik meningkat. Selain itu, penggunaan yang berlebihan akan mempengaruhi kesehatan penggunanya. Semua harus dipikirkan beserta dampaknya yang akan diterima.

“Kebanyakan orang sering tidak memikirkan dampak lingkungan dan finansial dari penggunaannya,” kata DeVries, dilansir dari Real Simple.

2. Lakukan secara terjadwal

Dirinya pun menyarankan, sebaiknya gunakan jadwal dalam melakukan penggunaan alat tersebut agar bisa menghemat pengeluaran dan juga peduli terhadap lingkungan sekitar. “Di bawah rencana energi waktu penggunaan, Anda dapat menghemat pengeluaran sebulan hanya dengan mengubah waktu saat Anda menggunakan suatu peralatan,” katanya.

Cara Menghemat Energi

3. Kendalikan AC

Menurut DeVries, penggunaan AC menjadi salah satu penyebab meningkatnya pengeluaran karena hampir menyumbang 16% penggunaan energi listrik di rumah. Dia menyarankan, perlu dilakukannya perencaan dalam mengatur penggunaan penyejuk ruangan ini. Gunakan mode pengaturan waktu yang dikenal dengan timer agar penggunaan AC secara cerdas bisa meghemat pengeluaran pembayaran tagihan dan menghemat energi.

4. Optimalkan Mesin Pencuci

Penggunaan mesin pencuci, baik itu mesin cuci pakaian dan piring secara tak teratur akan membuat pengeluaran dan energi menjadi boros. Menurut United States Energy Information Administration, peralatan tersebut menggunakan energi listrik yang besar. Untuk menekan biaya, gunakan hanya saat pakaian ataupun piring sudah menumpuk banyak. Hal itu bertujuan pula untuk meghemat energi listrik secara signifikan.

5. Gunakan Smart Plugs

Dengan menggunakan smart plug, energi dapat dijawdalkan pemanfaatannya sesuai dengan kebutuhan. Disarankan menggunakannya pada colokan/stopkontar listrik di rumah. Teknologi smart plus merupakan teknologi yang akan otomatis berhenti jika sudah tidak digunakan lagi setelah beberapa saat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

6. Tanam beberapa tumbuhan

Agar kamar Anda menjadi lebih segar dan hijau, mengapa Anda tidak mencoba untuk menanam beberapa tanaman di dalam kamar. Dengan menanam beberapa tumbuhan dapat meningkatkan kualitas udara di dalam kamar Anda.

7. Gunakan cat yang ramah lingkungan

Cat yang terbuat dari bahan ramah lingkungan membuat Anda jauh lebih sehat.

8. Kreatif menata kamar

Jangan terburu untuk membuang furnitur lama Anda. Kembangkan kreativitas Anda, daur ulang apa yang bisa di daur ulang. Dengan begitu Anda dapat menekan pengeluaran untuk membeli furnitur baru.

9. Menggunakan sprai berbahan organik

Seprai berbahan katun mudah sangat mudah menyerap serangga. Sebaiknya gunakan sprai berbahan organik agar lebih sehat.

10. Gunakan bahan wol, bukan polyster

Jika Anda dihadapkan pada pilihan antara bahan wol atau polyster untuk selimut, pilihlah wol. Karena wol lebih ramah lingkungan untuk diproduksi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini