Share

Cek Fakta: Kubah Masjid Istiqlal Dipasangi Lampu Warna-warni Mirip Diskotek, Benarkah?

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 15 September 2021 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 614 2471553 cek-fakta-kubah-masjid-istiqlal-dipasangi-lampu-warna-warni-mirip-diskotek-benarkah-9uPjA3Yw2q.jpg Masjid Istiqlal. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)
A A A

BEREDAR video viral di linimasa media sosial yang menyatakan kubah Masjid Istiqlal dipasangi lampu warna-warni mirip diskotek. Apakah benar kabar tersebut?

Sebuah unggahan video sepanjang 42 detik itu menampilkan lampu warna-warni di bagian atap atau kubah Masjid Istiqlal, Gambir, Jakarta Pusat. Akun Twitter @FKadrun mengklaim lampu warna-warni itu merupakan tampilan baru Masjid Istiqlal saat ini usai direnovasi.

Baca juga: Masjid Istiqlal Gunakan Panel Surya, Hemat Biaya Listrik dan Ramah Lingkungan 

Akun dengan 29.000 lebih pengikut di media sosial Twitter itu menyampaikan kritikan karena menilai lampu warna-warni tersebut jadi terlihat seperti di diskotek.

"Wajah Masjid Istiqal sekarang. Warna-warni lampu. Heran gw buat apaan dibikin kayak gitu? Masjid itu sakral. Tak perlu lampu lampu kyk gituuuu Ya Allah. Jam 12 malem gw lewat, udah kayak diskotek itu kubah ganti-ganti warna."

Masjid Istiqlal. (Foto: Instagram @alivikry)

Lantas, benarkah kubah Masjid Istiqlal dipasangi lampu warna-warni permanen seperti diskotek?

Baca juga: Masjid Istiqlal Segera Miliki Perpustakaan Islam Modern Berbasis Digital 

Dijelaskan bahwa adanya lampu warna-warni itu berlangsung saat proses pengecekan sistem pencahayaan. Lampu warna-warni tersebut bersifat sementara selama pemeriksaan, bukan permanen. Demikian diungkapkan Ratna Ningrum, senior vice president corporate secretary Waskita Karya (selaku pihak yang merenovasi Masjid Istiqlal), seperti dikutip dari Antara.

Adapun penggunaan warna lampu dengan sistem smart lighting bertujuan mencapai warna maksimal dan persis dengan cahaya matahari. Jadi, penerangan di luar ruangan saat siang hari bisa sama dengan di dalam masjid. Masjid akan tetap terang dan nyaman, tidak panas seperti terik di luar ruangan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini