Share

Benarkah Ada Bagian Tubuh Manusia Tidak Hancur Usai Dimakamkan? Ini Jawaban Alquran dan Sains

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 17 September 2021 01:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 614 2472458 benarkah-ada-bagian-tubuh-manusia-tidak-hancur-usai-dimakamkan-ini-jawaban-alquran-dan-sains-vxxxdxYQiF.jpg Ilustrasi bagian tubuh manusia tidak hancur meski sudah dimakamkan. (Foto: Arif Julianto/Okezone)
A A A

ALQURAN dan sains menjelaskan bahwa ada bagian tubuh yang tidak akan hancur meski sudah dimakamkan. Padahal, jenazah manusia jika berada di dalam tanah mengalami proses alamiah yakni bagian tubuh hancur melebur.

Jasad di dalam makam bakal mengalami proses pembusukan serta penguraian. Tapi ternyata ada satu bagian di dalam tubuh manusia yang tidak akan pernah hancur setelah dimakamkan. Bagian tubuh itu adalah tulang ekor.

Baca juga: Tawaf Selaras Rotasi Alam Semesta, Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

Ilmuwan telah coba melarutkan secara kimia dengan asam yang sangat kuat, melalui pembakaran, bahkan dipukul benda keras, hingga diberi berbagai jenis radiasi, namun tulang ekor tidak bisa dihancurkan sepenuhnya.

Ketika manusia meninggal, seluruh tubuh terurai, kecuali bagian tulang ekor tersebut. Buku 'Miracles of Alquran and As-Sunnah' menjelaskan para ahli embriologi membuktikan bahwa tubuh manusia diciptakan dari untai sangat halus yang disebut untai primer.

Tulang ekor manusia. (Foto: Istimewa)

Untai tersebut dibuat dengan kehendak Allah Yang Maha Kuasa pada hari ke-15 setelah pembuahan sel telur serta implantasi pada dinding rahim. Ketika untai ini terbentuk, semua organ embrio pun mulai terbentuk, terutama sistem saraf, bagian awal tulang belakang, lalu seluruh bagian tubuh.

Untai primer merangsang sel untuk mulai membagi, membedakan satu sama lain, dan memiliki karakteristik khusus. Hal ini juga membantu membentuk jaringan dan organ khusus secara sempurna, yang saling melengkapi dan bekerjasama untuk melakukan semua fungsi tubuh.

Untai primer akan terurai setelah manusia mati, kecuali sebagian kecil yang berasal dari tulang ekor yang tersisa dari tulang belakang. Tulang ekor ini memiliki keistimewaan karena disebutkan dalam sebuah hadis.

Baca juga: Ditemukan Partikel Terkecil di Dunia, Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

Abu Hurairah Radhiyallahu anhu mengatakan, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَا بَيْنَ النَّفْخَتَيْنِ أَرْبَعُوْنَ ثُمَّ يُنْزِلُ اللَّهُ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً . فَيَنْبُتُونَ كَمَا يَنْبُتُ الْبَقْلُ لَيْسَ مِنَ الإِنْسَانِ شَىْءٌ إِلاَّ يَبْلَى إِلاَّ عَظْمًا وَاحِدًا وَهْوَ عَجْبُ الذَّنَبِ ، وَمِنْهُ يُرَكَّبُ الْخَلْقُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

"Jarak antar dua tiupan Sangsakala itu empat puluh. Kemudian Allah menurunkan hujan dari langit, lalu mereka tumbuh seperti tumbuhnya sayuran. Semua bagian manusia akan hancur kecuali satu tulang, yaitu tulang ekor. Dari tulang ekor itulah manusia diciptakan pada hari kiamat." (HR Bukhari nomor 4554 dan Muslim 5253)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hadis ini mengungkap bahwa bagian tubuh manusia akan hancur kecuali satu tulang, yakni tulang ekor. Tulang itu akan tetap seperti itu meski manusia mengalami kematian, bahkan hingga tubuhnya membusuk. Dari tulang ekor ini manusia akan dibangkitkan pada hari kiamat.

Baca juga: Alquran dan Sains: Manusia Miliki Sistem Pendingin Alami, Apa Itu? 

Alquran juga menyebutkan mengenai tulang-belulang. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surah Yasin Ayat 78–79:

وَضَرَبَ لَنَا مَثَلًا وَنَسِيَ خَلْقَهُ ۖ قَالَ مَنْ يُحْيِي الْعِظَامَ وَهِيَ رَمِيمٌ

"Dan ia membuat perumpamaan bagi Kami; dan dia lupa kepada kejadiannya; ia berkata: 'Siapakah yang dapat menghidupkan tulang belulang, yang telah hancur luluh?'." (QS Yasin: 78)

قُلْ يُحْيِيهَا الَّذِي أَنْشَأَهَا أَوَّلَ مَرَّةٍ ۖ وَهُوَ بِكُلِّ خَلْقٍ عَلِيمٌ

"Katakanlah: 'Ia akan dihidupkan oleh Tuhan yang menciptakannya kali yang pertama. Dan Dia Maha Mengetahui tentang segala makhluk'." (QS Yasin: 79)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Alquran dan Sains: Keringat Bisa Menyembuhkan Katarak, seperti Kisah Nabi Yakub 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini