Share

Kementerian Wanita Afghanistan Diganti Polisi Moralitas Taliban

Vanessa Nathania , Okezone · Sabtu 18 September 2021 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 18 18 2473314 kementerian-wanita-afghanistan-diganti-polisi-moralitas-taliban-9WWWGxv7Wl.jpg Taliban kuasai Afghanistan (Foto: The Times of India)
A A A

AFGHANISTAN - Taliban tampaknya telah menutup kementerian urusan perempuan dan menggantinya dengan departemen yang menerapkan doktrin agama dengan ketat.

Pada Jumat (17/9), tanda di kementerian telah dihapus, dan sebuah tanda untuk kementerian kebajikan dan kejahatan diletakkan di tempat itu.

Video yang beredar di media sosial (medsos) menunjukkan karyawan wanita berada di luar kantor, mendesak Taliban untuk membiarkan mereka kembali bekerja.

Tetapi anggota Taliban mengatakan lembaga itu penting. "Tujuan utamanya adalah untuk melayani Islam. Oleh karena itu, kami wajib memiliki sebuah Kementerian Kebajikan," kata seorang anggota Taliban, Mohammad Yousuf, kepada New York Post.

(Baca juga: Taliban Janji Bakal Izinkan Perempuan Sekolah)

Kementerian Penyebaran Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan adalah nama lengkap dari Kementrian Kebajikan ini, berdasarkan tanda baru di kompleks Kabul.

Kementerian ini sudah ada sebelum Taliban pertama kali berkuasa, tetapi berkembang selama pemerintahan mereka antara 1996 dan 2001.

Lembaga ini juga bertanggung jawab untuk mengerahkan apa yang disebut polisi moralitas ke jalan-jalan untuk menegakkan interpretasi ketat Taliban terhadap hukum agama Islam, yang dikenal sebagai Syariah.

(Baca juga: Taliban Sita Rp1,7 Triliun Uang dan Emas dari Mantan Pejabat Afghanistan)

Kementerian ini menjadi terkenal karena memukuli wanita yang dianggap berpakaian "tidak sopan", atau yang berada di luar rumah tanpa wali laki-laki. Anak perempuan tidak diizinkan untuk dididik setelah lulus sekolah dasar - sebuah tindakan yang kini dilaporkan telah diperkenalkan kembali oleh kelompok tersebut.

Hiburan seperti musik dan tarian dilarang, dan kegiatan seperti bermain catur atau menerbangkan layang-layang dilarang. Waktu sholat ditegakkan dengan ketat, laki-laki disuruh menumbuhkan janggut, dan potongan rambut ala Barat tidak disukai.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Siapa pun yang terbukti melanggar aturan akan dihukum berat seperti cambuk, pemukulan, amputasi, dan eksekusi di depan umum bukanlah hal yang aneh.

Dua anggota Taliban di Kabul mengatakan kepada surat kabar The Washington Post bahwa mereka tidak mengharapkan Taliban menggunakan kekuatan dengan cara yang sama seperti yang dilakukan kelompok itu di masa lalu, dan penegaknya bukanlah polisi atau tentara.

Kementerian itu dibubarkan setelah invasi pimpinan AS ke Afghanistan pada 2001, meskipun Presiden Hamid Karzai saat itu mendirikan kembali departemen serupa tetapi kurang kuat pada 2006, menyusul tekanan dari kaum konservatif.

Pada saat itu, Human Rights Watch menyebut kementerian itu sebagai "simbol pelanggaran atas kesewenangan yang terkenal".

Staf wanita yang bekerja di kompleks kementerian urusan wanita mengatakan mereka telah mencoba untuk kembali bekerja selama berminggu-minggu, tetapi mereka dikunci di luar gedung.

"Untuk wanita, tidak akan ada lagi kejadian seperti ini," kata seorang pekerja.

"Kami semua memiliki tanggung jawab untuk keluarga kami... Kami dididik dan tidak ingin membatasi diri di rumah,” lanjutnya.

"Ketika tidak ada kementerian, apa yang harus dilakukan seorang wanita Afghanistan? Apakah hati nurani [Taliban] mereka setuju jika wanita Afghanistan mengemis di jalan?", kata wanita lain.

Selama pemerintahan Taliban pada 1990-an, kementerian memaksakan aturan Islam yang ketat dan pembatasan keras terhadap perempuan.

Dalam 20 tahun terakhir, perempuan Afghanistan telah berjuang untuk memperoleh sejumlah hak dasar, tetapi sekarang ada kekhawatiran bahwa kemajuan tersebut akan dilanggar oleh pemerintah sementara baru Taliban, yang semuanya laki-laki.

Kepala koresponden internasional BBC, Lyse Doucet, di Kabul, mengatakan sementara ini para pemimpin Taliban telah berjanji bahwa pemahaman mereka akan Afghanistan telah berubah - dan begitu juga mereka - tampaknya ada ketidaksesuaian yang berkembang antara janji dan kebijakan.

Kelompok hak asasi manusia sebelumnya telah mengkritik Kementrian Kebajikan dan wakil kementerian karena membungkam perbedaan pendapat, memberlakukan pembatasan pada warga dengan keras - terutama perempuan dan anak perempuan - serta menyebarkan ketakutan dan ketidakpercayaan di seluruh komunitas.

Para pejabat Taliban mengatakan bahwa di bawah pemerintahan baru mereka, perempuan akan diizinkan untuk belajar dan bekerja sesuai dengan interpretasi kelompok tersebut terhadap hukum agama Islam.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini