Share

PM Baru Lebanon Cari 'Perbaikan Cepat' Keluar dari Krisis Ekonomi

Vanessa Nathania , Okezone · Sabtu 18 September 2021 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 18 18 2473317 pm-baru-lebanon-cari-perbaikan-cepat-keluar-dari-krisis-ekonomi-5TcDNzdgm1.jpg PM Lebanon Najib Mikati (Foto: CNN)
A A A

LEBANON - Perdana Menteri baru Lebanon, Najib Mikati mendesak rakyat untuk menaruh kepercayaan mereka pada pemerintahnya saat ia mencari perbaikan cepat untuk membantu negaranya yang hancur secara ekonomi.

Dalam wawancara pertamanya dengan outlet media internasional sejak membentuk pemerintahan seminggu yang lalu, Mikati mengakui bahwa beberapa orang Lebanon akan berjuang untuk menaruh kepercayaan mereka padanya dan pemerintahannya setelah begitu banyak politisi telah mengecewakan mereka di masa lalu.

Tetapi ini adalah waktunya untuk memiliki pemerintahan untuk mengambil keputusan dan mengakhiri kekosongan politik negara itu, sebelum pemilihan umum yang direncanakan pada Mei mendatang.

“Saya melakukan perbaikan cepat, perbaikan cepat yang (perlu) dilakukan segera mungkin, terutama energi, kesehatan, pendidikan, pekerjaan dan transparansi, dan menunjukkan kepada Lebanon bahwa ada pemerintahan. Ada transparansi. Itulah yang kami coba lakukan. Dan mudah-mudahan itu akan terlaksana,” terangnya. Dia tidak menjelaskan bagaimana dia akan melakukan perbaikan ini.

(Baca juga: Miliarder Najib Mikati Ditunjuk Sebagai PM Baru Lebanon)

Mikati, seorang miliarder yang sebelumnya menjabat sebagai perdana menteri sementara pada 2005 dan 2011, mengepalai kabinet yang akan memimpin depresi ekonomi di Lebanon, yang oleh Bank Dunia dianggap sebagai salah satu yang terburuk di dunia sejak pertengahan abad ke-19.

Sementara wajah-wajah baru di pemerintahan, banyak yang dipilih sendiri oleh lembaga politik yang sama dan kelompok-kelompok yang dipersalahkan atas korupsi yang menyebabkan kehancuran ekonomi negara itu.

(Baca juga: Israel Nyalakan Sirine di Perbatasan Peringatkan Serangan dari Lebanon)

Salah satu masalah ekonomi paling mendesak yang dihadapi pemerintah baru adalah program subsidi negara yang mahal.

Pada Jumat (17/9), pemerintah Lebanon menaikkan harga minyak lebih dari 37% , karena negara itu terus menghapus subsidi impor dalam upaya untuk menarik bantuan moneter internasional.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Keputusan itu diperkirakan akan meningkatkan harga bagi rakyat Lebanon, yang sudah berjuang dengan tingkat kemiskinan yang melonjak.

Namun menurut Mikati, sekitar 74% dari subsidi senilai lebih dari USD10 miliar (Rp143 triliun) disalahgunakan oleh para pedagang dan orang-orang korupsi di Lebanon selama setahun terakhir dan program itu tidak berkelanjutan.

"Subsidi hampir dicabut karena kami tidak memiliki uang tunai atau cadangan untuk mensubsidi minyak atau komoditas lainnya," terangnya kepada CNN.

"Kami akan tetap memberikan subsidi untuk obat-obatan, tetapi subsidi untuk komoditas lain akan dicabut,” ujarnya.

Mikati mengatakan mengakhiri subsidi merupakan langkah penting untuk memulai negosiasi dengan Dana Moneter Internasional, Bank Dunia, dan komunitas internasional.

Bank Sentral Lebanon mengeluarkan pernyataan bulan lalu yang mengatakan bahwa subsidi bahan bakar dieksploitasi oleh bisnis. Sekitar USD800 juta (Rp11 triliun) telah dibayarkan untuk subsidi impor pada Juli lalu, namun kekurangan bahan bakar masih merajalela.

Perdana Menteri Lebanon, Najib Mikati, meninjau penjaga kehormatan selama upacara di Gedung Pemerintah di pusat kota Beirut, Lebanon, pada 13 September 2021.

Lebanon telah menghabiskan 13 bulan tanpa pemerintahan yang sepenuhnya terbentuk sejak mantan PM, Hassan Diab mengundurkan diri, setelah ledakan mematikan melanda pelabuhan Beirut tahun lalu.

Mikati mengatakan sekarang mereka membutuhkan dukungan dari dunia Arab.

"Lebanon adalah negara kecil di dunia Arab, dan kami mencari saudara besar dari semua negara Arab untuk datang membantu kami, dan membawa Lebanon [keluar] dari kekacauan ini," terangnya.

"Lebanon yang stabil akan menguntungkan seluruh dunia Arab,” lanjutnya.

"Hizbullah sebagai partai politik ada di Lebanon... Saya tidak bisa melewati partai ini,” ungkapnya saat ditanya tentang kehadiran sekutu Hizbullah di pemerintahannya.

Negara-negara Arab belum memanggil Mikati sejak pembentukan pemerintahannya pekan lalu, namun dia tetap optimis bahwa dia akan menerima ‘respons positif’.

Dia juga menambahkan bahwa dia telah menerima telepon dari anggota pemerintahan AS dalam seminggu terakhir, yang semuanya mendukung pemerintahannya, tetapi Presiden AS, Joe Biden tidak meneleponnya.

Pada Kamis (16/9), Hizbullah mengarak kapal tanker berisi bahan bakar Iran di lembah Bekaa Libanon yang bertentangan dengan sanksi AS. Namun, Mikati mengatakan pengiriman bahan bakar itu tidak disetujui oleh pemerintah Lebanon.

"Pemerintah Lebanon tidak menyetujui ini ... jadi saya tidak yakin pemerintah Lebanon akan dikenakan sanksi apa pun," katanya.

Sementara itu, lebih dari setahun setelah ledakan pelabuhan, masih banyak pertanyaan yang belum terjawab tentang apa yang menyebabkan tragedi itu.

Mikati menegaskan kembali bahwa dia menyerukan penyelidikan internasional atas ledakan tersebut. "Saya tidak bisa mengatakan siapa, tapi pasti ada yang harus disalahkan," ujarnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini