Share

Didukung Jokowi, RI Punya Roadmap Swasembada Gula

Suparjo Ramalan , iNews · Sabtu 18 September 2021 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 18 320 2473375 didukung-jokowi-ri-punya-roadmap-swasembada-gula-KCfapaH4Bs.jpg Menuju Indonesia swasembada gula (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Roadmap atau peta jalan mengenai swasembada gula konsumsi sudah disusun pemerintah. Menteri BUMN Erick Thohir menyebut mendapat dukungan penuh dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Peta jalan mengenai realisasi swasembada gula konsumsi ke depan sudah ada dan Presiden Joko Widodo memberikan dukungan. Meski banyak tantangan, tetapi Lillahi Ta’ala, kita harus jalankan," ujar Erick, Sabtu (18/9/2021).

Baca Juga: Swasembada, Erick Thohir Sebut 5 Tahun Lagi RI Tak Impor Gula

Pemegang saham juga meminta PT Industri Gula Glenmore, anak usaha PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) atau PTPN XII, terus meningkatkan produksi gula guna mendukung ketahanan pangan nasional dan mwujudkan swasembada gula konsumsi.

Meski tetap memerlukan peran swasta, kata Erick, sudah saatnya perusahaan pelat merah bergerak dalam bisnis perkebunan tebu dan gula. Khusunya, memanfaatkan Holding BUMN Pangan yang tengah digodok saat ini.

Baca Juga: Bangun 10 Pabrik Baru, Mentan Amran Yakin Indonesia Swasembada Gula

Saat ini terdapat tujuh anak perusahaan PTPN yang bergerak di industri tebu dan gula, yaitu PTPN VII di Lampung, PTPN IX sampai XII di Jawa Timur, dan PTPN XIV di Sulawesi Selatan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Mantan Bos Inter Milan itu juga meminta agar perseroan melibatkan tebu rakyat dan lahan milik Perhutani. Sehingga, diharapkan adanya peningkatan lahan produksi.

"Saya minta libatkan tebu rakyat, dan lahan milik perhutani sehingga ada peningkatan lahan produksi dari 45 ribu hektar menjadi 85 ribu, lalu secara perlahan hingga tahun 2024-2025 harus menjadi 250 ribu hektar. Jika hal itu tercapai, maka impian indonesia menjadi negara pengekspor gula akan terwujud," ungkapnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini