Share

Negara Ini Suntikkan Vaksin Covid-19 ke Anak Usia 6-11 Tahun

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 18 September 2021 15:18 WIB
$detail['images_title']
Divaksin Covid-19 (Foto: NY Post)

RUPANYA sejumlah negara memberikan vaksin Covid-19 mulai dari usia 12 tahun hingga lansia. Di bawah itu, masih belum begitu kuat studinya untuk diberikan.

Namun, Kamboja melakukan sesuatu yang beda. Ya, negara tersebut sudah mulai memberikan vaksin Covid-19 pada usia di bawah 12 tahun, tepatnya pada 6-11 tahun. Alasan aman kembali bersekolah dipilih pejabat negara untuk mengeluarkan keputusan tersebut.

 anak divaksin

Perdana Menteri Hun Sen meresmikan kampanye vaksinasi anak-anak tersebut. Agar masyarakatnya percaya, ia memboyong cucu-cucunya dan anggota keluarga muda dari pejabat senior lainnya untuk disuntik vaksin Covid-19.

"Melindungi kesehatan anak-anak dan kehidupan mereka adalah tugas kami, karena kami ingin memastikan mereka aman kembali ke sekolah. Jadi, bukan hanya guru saja yang aman dari Covid-19 tetapi juga murid-muridnya," kata Hun Sen, dikutip dari New York Post, Sabtu (18/9/2021).

Bahkan, saat ini Kamboja tengah menguji vaksin pada anak usia 3 hingga 5 tahun. Ini pun tentu dengan maksud agar negara memberikan perlindungan sekaligus layanan kesehatan untuk rakyatnya.

Di Kamboja sendiri cakupan vaksinasi sudah 72 persen dari total sasaran 17 juta orang. Vaksin yang digunakan di negara tersebut ialah Sinovac dan Sinopharm China.

Menempatkan sektor pendidikan sebagai salah satu yang utama dalam pemulihan pandemi, itu kenapa negara tersebut lebih dulu melakukan vaksinasi pada usia di bawah 12 tahun dan segara legal sudah memberikan vaksin booster kepada masyarakatnya.

Sementara itu, pemerintah Inggris belum memberikan lampu hijau untuk pemberian vaksin pada anak usia 6-11 tahun. "Tidak ada vaksin yang saat ini disetujui untuk anak di bawah 12 tahun di Inggris," tegas laporan BBC.

Vaksin Pfzier sendiri direkomendasikan untuk anak 12-17 tahun. Ini berlaku juga di Indonesia dan anak-anak dengan masalah komorbid menjadi sasaran utama penerima vaksin ini untuk usia anak.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(DRM)