Share

Obama Takjub dengan Masjid Sultan Ahmet: Menghubungkan Masa Lalu hingga Masa Depan

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Senin 20 September 2021 09:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 615 2473879 obama-takjub-dengan-masjid-sultan-ahmet-menghubungkan-masa-lalu-hingga-masa-depan-oE6pxO3rTI.jpeg Barack Obama di Masjid Sultan Ahmet, Istanbul, Turki. (Foto: Hurriyet Daily News)
A A A

SAAT masih menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, Barack Obama pernah mengunjungi Kota Istanbul di Turki. Ia pun kembali mengenang pengalamannya tersebut saat berpidato di hadapan generasi muda dalam program daring "Reshape Virtual Summit 2021" beberapa waktu lalu.

Kunjungan ke Istanbul diakui Obama sebagai perjalanan pertamanya ke luar negeri saat menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat. Ia menilai Turki berserta masyarakatnya sangat luar biasa.

Baca juga: Menyesal Pernah Ikut Hancurkan Masjid, Pria Ini Masuk Islam dan Bangun 100 Masjid 

"Saya mengunjungi Istanbul (kota metropolitan terbesar di Turki) dalam perjalanan pertama saya ke luar negeri sebagai presiden, dan itu luar biasa. Ini adalah negara yang luar biasa dengan orang-orang yang luar biasa," kata Obama, seperti dikutip dari laman Hurriyet Daily News, Senin (20/9/2021).

Dalam kunjungan ke Istanbul, Obama berkesempatan mendatangi Masjid Sultan Ahmet atau lebih dikenal Masjid Biru. Rupaya presiden ke-44 Amerika Serikat ini takjub saat berada di Masjid Sultanahmet.

"Masjid Sultan Ahmet adalah salah satu situs sejarah khusus dunia yang mampu membuat Anda tercengang dan menghubungkan Anda antara masa lalu, sekarang, dan masa depan," ujar Obama.

Baca juga: Masjid dengan Mushola Apa Perbedaannya? 

Sebagai informasi, Masjid Sultan Ahmet dibangun antara tahun 1609 hingga 1617. Alasan di balik masjid ini dikatakan sebagai Masjid Biru karena ubin berwarna biru yang digunakan untuk menghiasi dinding interiornya. Pembangunan masjid ini ditugaskan oleh Sultan Ahmet I.

Menurut Obama, kunjungan ke Masjid Sultan Ahmet merupakan pengalaman yang sungguh biasa.

Obama menunjungi Turki pada April 2009. Selama berada di sana, Obama tinggal di Ankara, ibu kota Turki. Kunjungan Obama ke Istanbul merupakan bentuk partisipasinya dalam "Forum Kedua Aliansi Peradaban".

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini