Share

Doa Ziarah Kubur Orang Tua, Lengkah Terjemahan dan Artinya

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 20 September 2021 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 618 2474038 doa-ziarah-kubur-orang-tua-lengkah-terjemahan-dan-artinya-Wjybr0QNBG.jpg Ilustrasi doa ziarah kubur orang tua. (Foto: Okezone)
A A A

DOA ziarah kubur orang tua sebaiknya dihafal kaum Muslimin. Doa ini sangat berguna ketika berziarah ke makam orang tua atau sanak saudara lainnya. Doa ziarah kubur ini sebagaimana dicontohkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Baca juga: Rossa Rasakan Kekuatan Doa, Dimudahkan Ibadah Haji hingga Karier Lancar 

Sebagaimana dirangkum dari laman Konsultasisyariah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam telah mengajarkan doa ziarah kubur, yakni:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، وَيَرْحَمُ اللهُ الْمُسْتَقْدِمِينَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِينَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Assalamu ’alaikum ahlad-diyaar minal mu’miniina wal muslimiin. Yarhamulloohul mustaqdimiina minnaa wal musta’khiriin. Wa inna insyaa alloohu bikum la-laahiquun wa as alullooha lanaa walakumul ‘aafiyah.

Artinya: "Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam, semoga Allah merahmati orang-orang yang mendahului kami dan orang-orang yang datang belakangan. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian."

Hadis ini diajarkan kepada Aisyah radhiyallahu ‘anha ketika beliau bertanya kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam tentang doa yang dibaca saat ziarah kubur. (HR Ahmad Nomor 25855, Muslim 975, Ibnu Hibban 7110, dan yang lainnya)

Ilustrasi doa ziarah kubur orang tua.

Baca juga: Obama Takjub dengan Masjid Sultan Ahmet: Menghubungkan Masa Lalu hingga Masa Depan 

Bisa juga membaca doa ziarah kubur yang lebih singkat:

Berdasarkan hadis riwayat dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam pernah mengunjungi kuburan. Kemudian beliau berdoa:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَاحِقُونَ

Artinya: "Keselamatan untuk kalian, wahai penghuni rumah kaum mukminin. Kami insya Allah akan menyusul kalian." (HR Muslim 249)

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini