Share

Keutamaan Surat Al Falaq, Lengkap dengan Waktu Membacanya

Hantoro, Jurnalis · Selasa 21 September 2021 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 21 330 2474482 keutamaan-surat-al-falaq-lengkap-dengan-waktu-membacanya-T1vo9i6ujf.jpg Ilustrasi keutamaan Surat Al Falaq. (Foto: Freepik)
A A A

KEUTAMAAN Surat Al Falaq sangatlah besar. Al Falaq memiliki arti "Waktu Subuh" dan merupakan surat ke-113 dalam kitab suci Alquran. Surat Al Falaq terdiri dari 5 ayat dan termasuk golongan Makkiyyah atau diturunkan di Kota Makkah, Arab Saudi.

Dikutip dari laman Muslim.or.id, Selasa (21/9/2021), Ustadz Anas Burhanudin MA menjelaskan bahwa Surat Al Falaq bersama Surat An-Nas disebut Al Mu’awwidzatain karena keduanya mengandung ta’widz (perlindungan). Keduanya termasuk surat yang utama dalam kitab suci Alquran. Keutamaan Surat Al Falaq selalu disebut bersamaan dengan Surat An-Nas.

Baca juga: Surat Al-Falaq Ringkas Namun Begitu Dalam Maknanya 

Adapun lafadz Surat Al Falaq adalah sebagai berikut:

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ (1) مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (2) وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ (3) وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ (4) وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ (5)

"Katakanlah, 'Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang mengembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki." (QS Al Falaq: 1–5)

Ilustrasi keutamaan Surat Al Falaq. (Foto: Shutterstock)

Dalam kitab Shahih-nya, Imam Muslim meriwayatkan dari ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

(( أَلَمْ تَرَ آيَاتٍ أُنْزِلَتْ اللَّيْلَةَ لَمْ يُرَ مِثْلُهُنَّ قَطُّ؟))

"Tahukah engkau ayat-ayat yang telah diturunkan malam ini, tidak pernah ada yang menyerupainya sama sekali? Kemudian beliau mengatakan:

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ وَقُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ

Baca juga: Ini 3 Surah Pendek yang Cocok untuk Belajar Sholat 

Sedangkan At-Tirmidzi, An-Nasa'i, dan Ibnu Majah meriwayatkan dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu hadis berikut:

((كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَعَوَّذُ مِنْ عَيْنِ الْجَانِّ وَعَيْنِ الإِنْسِ, فَلَمَّا نَزَلَتْ الْمُعَوِّذَتَانِ أَخَذَ بِهِمَا, وَتَرَكَ مَا سِوَى ذَلِكَ))

"Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berlindung dari mata jahat jin dan manusia. Ketika turun Al–Mu’awwidzatain, beliau memakainya dan meninggalkan yang lain." (dihukumi shahih oleh Al-Albani)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kedua surat ini disunahkan dibaca setiap selesai sholat wajib. Dalam hadis lain, ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan:

(( أَمَرَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ أَقْرَأَ بِالْمُعَوِّذَاتِ دُبُرَ كُلِّ صَلاَةٍ))

"Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan saya untuk membaca Al–Mu’awwidzat tiap selesai sholat." (HR Abu Dawud, dihukumi shahih oleh Al-Albani)

Baca juga: Tiga Surat Ini Jika Diamalkan Jadi Penangkal Ampuh Keburukan 

Disunahkan juga membacanya sebelum dan sesudah tidur, sebagaimana disebutkan dalam hadis ‘Uqbah yang lain:

(( ياَ عُقْبَةُ ! اِقْرَأْ بِهِمَا كُلَّمَا نِمْتَ وَقُمْتَ، مَا سَأَلَ سَائِلٌ وَلاَ اِسْتَعَاذَ مُسْتَعِيْذٌ بِمِثْلِهِمَا))

"Wahai ‘Uqbah, bacalah keduanya setiap kamu tidur dan bangun. Tidaklah seseorang bisa meminta atau berlindung dengan seperti keduanya." (HR Ahmad dan Ibnu Khuzaimah, dihukumi hasan oleh Al-Albani)

Hadis-hadis shahih juga menjelaskan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam menganjurkan membacanya ketika zikir pagi dan petang. Beliau juga membacanya saat meruqyah diri beliau saat sakit dan disengat kalajengking. Demikian juga malaikat yang meruqyah beliau saat disihir Labid bin al-A’sham.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan ada enam keutamaan Surat Al Falaq, yakni:

1. Surat Al Falaq adalah surat yang utama dan dianjurkan dibaca setelah sholat, sebelum dan sesudah tidur, dalam zikir pagi dan petang, juga ketika ruqyah.

2. Manusia memohon perlindungan hanya kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dari semua kejahatan secara umum, serta beberapa hal secara khusus karena lebih sering terjadi, lebih samar atau karena mengandung bahaya yang lebih.

Baca juga: Arti Asmaul Husna yang Berjumlah 99, Mulai Al Alim hingga As Sami 

3. Dapat mewaspadai kejahatan malam, tukang sihir dan pendengki.

4. Dapat melindungi dari sihir dan ‘ain adalah perkara yang hakiki.

5. Bentuk kesempurnaan agama Islam yang mengajarkan cara melindungi diri dari berbagai kejahatan.

Wallahu a'lam bishawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini