Share

Asbabun Nuzul Surat Al Falaq, Ketika Rasulullah Kena Sihir

Hantoro, Jurnalis · Selasa 21 September 2021 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 21 330 2474498 asbabun-nuzul-surat-al-falaq-ketika-rasulullah-kena-sihir-vQErAFuyye.jpg Ilustrasi asbabun nuzul Surat Al Falaq. (Foto: Afshad/Pixabay)
A A A

ASBABUN nuzul Surat Al Falaq patut diketahui semua umat Islam. Di antara sebab turunnya (asbabun nuzul) Surat Al Falaq dan Surat An Nas menurut sebagian ulama adalah karena disihirnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam oleh seorang Yahudi bernama Labid bin Al-A’sham.

Adapun lafadz Surat Al Falaq Ayat 1–5 adalah sebagai berikut:

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ (1) مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (2) وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ (3) وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ (4) وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ (5)

Artinya: "(1) Katakanlah: 'Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh', (2) dari kejahatan makhluk-Nya, (3) dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, (4) dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang mengembus pada buhul-buhul, (5) dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki." (QS Al-Falaq: 1–5)

Baca juga: Keutamaan Surat Al Falaq, Lengkap dengan Waktu Membacanya 

Ilustrasi asbabun nuzul Surat Al Falaq. (Foto: Salman Mardira/Okezone)

Dikutip dari laman Rumaysho, Selasa (21/9/2021), Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal MSc menjelaskan bahwa Imam Jalaluddin Al-Mahalli rahimahullah menyebutkan, "Surat Al Falaq adalah surat Makkiyah atau Madaniyah, terdiri dari lima ayat. Surat ini dan Surat An Nas turun berkenaan dengan sihir yang dilakukan oleh Labid bin Al-A’sham Al-Yahudi kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam di tali busur, di situ ada sebelas ikatan."

"Allah Subhanahu wa ta'ala memberitahukan tentang sihir tersebut dan menjelaskan tempatnya. Lalu dihadirkanlah ikatan tadi di hadapan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam lantas diperintahkan membaca bacaan perlindungan (ta’awudz) dengan menyebut dua surat (Surat Al Falaq dan Surat An Nas). Ketika dibacakan satu ayat, dari kedua surat tadi, lepaslah satu ikatan, lalu terasa ringan, hingga terlepas seluruh ikatan. Lalu beliau berdiri dalam keadaan bersemangat setelah terlepas dari seluruh ikatan." (Tafsir Al-Jalalain, halaman 615)

Baca juga: Surat Al Falaq Ringkas Namun Begitu Dalam Maknanya 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Di dalam kitab Aysar At-Tafaasir (5:630) disebutkan bahwa Labid bin Al-A’sham Al-Yahudi di Madinah pernah menyihir Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam. Lantas turunlah Surat Al Mu’awwidzatain (Surat Al Falaq dan Surat An Nas).

Jibril ‘alaihissalam lantas meruqyah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam. Kemudian Allah Subhanahu wa ta'ala memberikan kesembuhan.

Baca juga: Arti Asmaul Husna yang Berjumlah 99, Mulai Al Alim hingga As Sami 

Ada bacaan ruqyah yang pernah dibacakan Jibril ketika Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam sakit seperti dalam hadis berikut ini.

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Jibril pernah mendatangi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam, ia berkata, "Wahai Muhammad, apakah engkau sakit?"

Beliau menjawab, "Iya, benar."

Jibril lalu mengucapkan:

بِسْمِ اللهِ أَرْقِيْكَ، مِنْ كُلِّ شَيْءٍ يُؤْذِيْكَ، مِنْ شَرِّ كُلِّ نَفْسٍ أَوْ عَيْنِ حَاسِدٍ اللهُ يَشْفِيْكَ، بِسْمِ اللهِ أَرْقِيْكَ

Bismillaahi arqiika min kulli syai’in yu’dziika, min syarri kulli nafsin aw ‘aini haasidin. Allaahu yasy-fiika bismillaahi arqiika.

Artinya: "Dengan nama Allah aku meruqyahmu, dari segala sesuatu yang mengganggumu, dan dari keburukan penyakit ‘ain yang timbul dari pandangan mata orang yang dengki. Semoga Allah menyembuhkanmu. Dengan nama Allah aku meruqyahmu)."

(HR Muslim Nomor 2186. Lihat bahasan di Al-Bahr Al-Muhith Ats-Tsajaj fii Syarh Shahih Al-Imam Muslim bin Al-Hajjaj, 35: 704–706)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Keistimewaan Lebah, Bisa Obat Berbagai Penyakit 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini