Share

Tips Efektif Khatam Alquran 30 Juz, Yuk Langsung Praktikkan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 22 September 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 21 616 2474891 tips-efektif-khatam-alquran-30-juz-yuk-langsung-praktikkan-680kovs9lI.jpg Ilustrasi tips khatam Alquran 30 juz. (Foto: Unsplash)
A A A

KHATAM Alquran adalah impian setiap Muslim. Menyelesaikan bacaan ayat-ayat suci Alquran hingga juz 30 biasanya makin rajin dilakukan banyak orang ketika bulan Ramadhan yang penuh keberkahan. Nah, untuk bisa lancar khatam Alquran ternyata ada tips yang efektif.

Ustadz Mahfud Said mengatakan satu juz Alquran terdiri dari 10 lembar. Jadi akan sangat mudah jika membaginya menjadi 5 bagian sesuai jumlah sholat wajib harian.

Baca juga: Arti Surat An-Nas Ayat 1-6 Beserta Tafsirnya 

"Jadi setiap selesai sholat wajib, usahakan untuk membaca cukup 2 lembar saja. Nah, dalam sehari, berarti Anda telah membaca 10 lembar yang mana ini berarti satu juz Alquran," ujar Ustadz Mahfud Said kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Ilustrasi tips khatam Alquran. (Foto: Shutterstock)

Ia melanjutkan, kemudian supaya terhindar dari rasa malas, sebelum membaca Alquran sebaiknya melafalkan ta'awud atau 'اعوذ بالله من الشيطان الرجيم' yang artinya, "Aku berlindung kepada Allah dari gangguan setan yang terkutuk."

Baca juga: Surat Al Ikhlas Menjelaskan tentang Tauhid kepada Allah Yang Maha Sempurna 

Sementara sebagai penyemangat, kaum Muslimin bisa membayangkan pahala yang didapat dari membaca Alquran seperti di bulan Ramadhan. Bagaimana pahalanya?

"Satu huruf Alquran pahalanya 10 keberkahan. Jadi dalam satu juz yang berkisar 10.690 ayat dikalikan 10 pahala, jumlanya luar biasa banyak. Masya Allah," ujar Ustadz Mahfud Said.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Adapun keutamaan membaca hingga khatam Alquran dijelaskan juga dalam riwayat dari Utsman bin Affan, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Alquran dan mengajarkannya." (HR Bukhari)

Baca juga: Asbabun Nuzul Surat Al Falaq, Ketika Rasulullah Kena Sihir 

Dari Abu Musa al Asy’ari, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Perumpamaan seorang mukmin yang rajin membaca Alquran adalah bagaikan buah utrujjah (sejenis jeruk) yang aromanya harum dan rasanya manis. Perumpamaan seorang mukmin yang tidak rajin membaca Alquran adalah bagaikan buah kurma kering yang tidak beraroma tetapi rasanya manis. Perumpamaan orang munafik yang membaca Alquran adalah bagaikan bunga raihana yang aromanya wangi tetapi rasanya pahit. Dan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Alquran adalah bagaikan buah hanzhalah yang tidak beraroma dan rasanya pahit." (HR Bukhari)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Keutamaan Surat Al Falaq, Lengkap dengan Waktu Membacanya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini