Share

5 Adab Senyum Menurut Ajaran Islam, Bisa Hadirkan Pahala Besar

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 22 September 2021 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 330 2475152 5-adab-senyum-menurut-ajaran-islam-bisa-hadirkan-pahala-besar-GzDXmrJCBa.jpg Ilustrasi senyum. (Foto: Shutterstock)
A A A

DALAM ajaran agama Islam, senyum termasuk salah satu bentuk ibadah. Sebab senyum merupakan ciri kelembutan hati seseorang. Di samping itu, senyum juga menjadi tanda mulianya akhlak seorang Muslim.

"Bayangkan kalau kita berjumpa dengan orang yang murah senyum, pasti hidup kita akan terasa jauh lebih nyaman," kata KH Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym, seperti dikutip dari kanal Youtube Aa Gym Daily Vlog, Rabu (22/09/2021).

Baca juga: Aa Gym Ungkap 7 Adab Mencari Ilmu Supaya Lebih Diberkahi Allah Ta'ala 

Selain itu, Aa Gym juga mengatakan bahwa senyum merupakan sunah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Kemudian senyum merupakan ibadah yang berpahala besar.

Oleh karena itu, Aa Gym menjelaskan beberapa adab senyum dalam Islam yang juga dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Sebagai umat Islam, ada baiknya kita juga mengikuti adab tersebut.

Aa Gym. (Foto: Aa Gym Daily Vlog)

1. Niatnya ikhlas

"Niat ikhlas itu adalah kita tersenyum karena ini dicontohkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam," kata Aa Gym.

Karena Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pun suka melihat orang yang tersenyum. Orang tersenyum secara tidak langsung dapat membahagiakan orang lain. Begitu juga dengan tersenyum, menyebarkan kebaikan kepada orang lain.

Baca juga: Curahan Hati Nenek Pencari Kardus Bekas kepada Aa Gym, Dilupakan Anak di Usia Senja 

2. Senyum merupakan sunah Nabi

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam senantiasa tersenyum jika berjumpa dengan umatnya. Rasulullah pun bersabda, "Janganlah engkau meremehkan kebaikan sedikit pun meskipun hanya dengan bertemu dengan saudaramu dengan wajah yang berseri." (HR Muslim)

"Ini merupakan keteladanan yang harus kita tiru, karena sudah nyata manfaatnya," ujar Aa Gym.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Senyum juga bagian dari dakwah

Aa Gym mengatakan bahwa senyum itu bagian dari dakwah. Mengapa demikian? Jika kita kesulitan menceritakan Islam karena ilmu yang terbatas, maka ceritakanlah indahnya Islam, indahnya Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, dengan indahnya akhlak yang dimiliki.

"Dan indahnya akhlak kita bisa diawali dengan menebar senyuman," tutur Aa Gym.

Baca juga: 3 Tips Membentuk Akhlakul Karimah, Simak Penjelasan Aa Gym Berikut Ini 

4. Senyum itu memperindah

Apa pun yang ada pada tubuh merupakan takdir terbaik bagi kita. Kita tidak boleh komplain dengan raut wajah, warna kulit, postur tubuh.

"Tetapi kalau tersenyum dengan ikhlas, Masya Allah. Allah memberikan aura beda, aura yang lebih indah, lebih menawan, dengan senyuman itu lebih nyaman kita melihat seseorang," jelas Aa Gym.

Baca juga: Amalkan Zikir Ini Agar Allah Ta'ala Memudahkan Urusan 

5. Senyum itu berkah

Berkah berarti membawa kebaikan yang banyak dan langgeng, baik lahir, batin, akal, kebutuhan pribadi, kebutuhan orang lain, baik urusan dunia maupun akhirat.

"Senyum bisa mempererat silaturahmi, memperbanyak kawan, membuat suasana pergaulan, suasana lingkungan menjadi jauh menyenangkan," tukas Aa Gym.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini