Share

3 Cara Melestarikan Alam Menurut Ajaran Islam

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 22 September 2021 08:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 616 2475025 3-cara-melestarikan-alam-menurut-ajaran-islam-MXBZYUKYw9.jpg Ilustrasi cara melestarikan alam menurut ajaran Islam. (Foto: Shutterstock)
A A A

ISLAM merupakan agama yang sempurna. Di dalam ajaran Islam terdapat semua hal, termasuk cara melestarikan alam atau lingkungan. Hal ini penting dilakukan untuk membuat seluruh makhluk hidup bisa menjalani kehidupan dengan baik.

Dikutip dari laman resmi Majelis Ulama Indonesia (MUI), Rabu (22/9/2021), agama Islam pun melarang umatnya melakukan perusakan terhadap lingkungan atau alam. Hal tersebut sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala dalam Surah Al Araf Ayat 56:

وَلَا تُفۡسِدُواْ فِي ٱلۡأَرۡضِ بَعۡدَ إِصۡلَٰحِهَا وَٱدۡعُوهُ خَوۡفٗا وَطَمَعًاۚ إِنَّ رَحۡمَتَ ٱللَّهِ قَرِيبٞ مِّنَ ٱلۡمُحۡسِنِينَ

Artinya: "Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik."

Baca juga: Kisah KH Ahmad Dahlan Berulang-ulang Ajarkan Tafsir Surat Al Maun, Ini Tujuannya 

Keberadaan hutan dan lingkungan sejenisnya merupakan anugerah Allah Subhanahu wa ta'ala yang tidak boleh dirusak oleh manusia, sebagaimana diterangkan dalam Surah Al A’raf Ayat 56 tersebut.

Kemudian kehidupan makhluk hidup lainnya juga merupakan tanggung jawab manusia bersama. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam ketika dalam suatu perjalanan ia melihat sarang semut terbakar, beliau pun bersabda:

رأَى قَرْيَةَ نَمْلٍ قَدْ حَرَّقْنَاهَا، فَقَالَ: «مَنْ حَرَّقَ هذِهِ؟» قُلْنَا: نَحْنُ قَالَ: «إنَّهُ لا يَنْبَغِي أَنْ يُعَذِّبَ بالنَّارِ إِلاَّ رَبُّ النَّارِ»

Artinya: "Siapakah yang membakar ini? Sahabat menjawab, 'Kami Ya, Rasulullah.' Jawab Nabi, 'Tidak boleh menyiksa dengan api, kecuali Tuhan yang menjadikan api'." (HR Abu Dawud)

Hadis tersebut secara lugas menjelaskan bagaimana perusakan ekosistem melalui pembakaran sangat dilarang Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Jangankan membakar hutan yang memiliki beragam makhluk hidup, sarang semut saja tidak diperbolehkan.

Baca juga: Tips Efektif Khatam Alquran 30 Juz, Yuk Langsung Praktikkan 

Dalam riwayat lain, ketika Rasulullah mendapati beberapa orang melempar-lempar seekor burung. Dengan sigap, Rasululllah berujar, "Allah mengutuk orang yang melakukan ini." Artinya, menganiaya hewan adalah perbuatan yang keji, apalagi membunuhnya.

Nah, berikut ini tiga cara melestarikan alam menurut ajaran Islam, sebagaimana dijelaskan dalam buku 'Konservasi Alam dalam Islam' karya Fachruddin M Mangunjaya.

1. Konsep Hima’

Hima’ adalah suatu kawasan yang khusus dilindungi otoritas penegak hukum dan pemerintah atas dasar syariat guna melestarikan hidupan liar serta hutan.

Hima’ dapat juga disebut sebagai penyediaan lahan khusus untuk upaya melindungi populasi spesies satwa hidup. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah mencagarkan kawasan sekitar Madinah sebagai hima’ untuk melindungi lembah, padang rumput dan tumbuhan yang ada di dalamnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam juga melarang masyarakat mengolah tanah tersebut karena lahan hima’ merupakan maslahat umum dan demi kepentingan pelestarian. Sebagaimana sabda Rasulullah:

لا حمي إلالله و لر سو له

"Tidak ada hima’ kecuali milik Allah dan Rasul-Nya." (HR Al Bukhari)

Adapun hal positif dari konsep kawasan lindung hima’ ini adalah: (1) Merupakan konservasi yang berbasis pada komunitas (community-based conservation); (2) Diberdayakan oleh masyarakat lokal sekitar; (3) Melibatkan peran-serta publik; (4) Pemanfaatan sumber daya secara adil dan bijak; dan (5) Menyebabkan bertahannya pengetahuan lokal dan adat setempat.

Baca juga: 10 Nama Anak Perempuan Islami Bermakna Cerdas, Bisa Jadi Inspirasi Ayah Bunda 

2. Ihya al-mawat (mengelola lahan produktif yang telantar)

Ihya artinya menghidupkan, sedangkan al-mawat berarti "yang mati". Secara harafiah berarti menghidupkan yang mati. Sebagai istilah, ihya al-mawat dapat diartikan sebagai usaha untuk mengelola, mengoperasikan, memberdayakan lahan produktif yang masih dapat dimanfaatkan, namun sayangnya telantar. Melalui cara ini dapat memungkinkan timbulnya manfaat baik bagi manusia, satwa hidup, dan lingkungan.

Ihya al-mawat dapat menjadi sarana memakmurkan dan memanfaatkan bumi untuk maslahat manusia secara umum. Namun tetap, prinsip dalam memanfaatkannya haruslah bermaslahat, tidak menimbulkan mudharat. Hal-hal yang dapat mendatangkan maslahat seperti dibangunnya ruang terbuka hijau (RTH), dijadikan ladang, ditanami buah-buahan, sayuran, dan lain sebagainya.

Baca juga:

Dikutip dari buku yang sama, meski upaya ihya al-mawat dapat mendatangkan kebermanfaatan, bukan tidak memungkinkan bisa juga menimbulkan mudharat. Maka itu, dalam kitab Jami Ahammu Masa’il al-Ahkam, Idris B Khalid, Qadi Gwandu menyampaikan terdapat beberapa hal di mana penggarap lahan yang telantar harus juga bertanggung jawab pada dampak yang ditimbulkannya, seperti dampak pembakaran dan penghancuran, lumpur hasil menggali sumur yang mungkin mengganggu orang.

Secara ringkas, hal itu oleh para ulama telah dirumuskan dalam prinsip fiqih Inna kulla fi’lin yuwajjib al-dhaman (seseorang harus bertanggungjawab atas tindakan merugikan orang lain).

3. Harim

Harim merupakan lahan atau kawasan yang berisi sumber-sumber air yang harus dilindungi. Harim adalah gabungan dua kawasan, yakni yang telah digarap (ihya) dan yang tidak digarap (al-mawat). Air sebagai mata air kehidupan amatlah penting bagi kelangsungan makhluk hidup. Bahkan, kebutuhan akan air pun bisa datang berupa kebutuhan untuk menunaikan syariat seperti bersuci, berwudu. Atau, kebutuhan rumah tangga seperti mandi, mencuci, memasak, dan lain sebagainya.

Bentuk-bentuk harim dapat berupa sungai, mata air, sumur, ngarai dan lain sebagainya. Dinamakan harim karena larangannya untuk dipergunakan selain demi kepentingan umum. Oleh karena itu, perlu dilindungi, sebab sumber air selalu dibutuhkan setiap orang.

Baca juga: Alquran dan Sains: 6 Bintang Paling Terang Ternyata Punya Nama Arab 

Sebagai seorang Muslim, cukuplah peringatan Allah Subhanahu wa ta'ala dalam surat Ar Rum Ayat 41 di bawah ini menjadi pengingat untuk tidak merusak seisi bumi. Harus menjaga, melestarikan, dan melindunginya agar manusia kembali ke jalan yang benar, yakni jalan yang diridhoi oleh Allah Subhanahu wa ta'ala dengan menjaga sebaik-baiknya alam semesta.

ظَهَرَ ٱلۡفَسَادُ فِي ٱلۡبَرِّ وَٱلۡبَحۡرِ بِمَا كَسَبَتۡ أَيۡدِي ٱلنَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعۡضَ ٱلَّذِي عَمِلُواْ لَعَلَّهُمۡ يَرۡجِعُونَ

"Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)." (QS Ar Rum: 41)

Wallahu a'lam bishawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini