Share

Alquran dan Sains: Rasa Manis Delima Bermanfaat untuk Tenggorokan hingga Paru-Paru

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 23 September 2021 06:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 614 2475530 alquran-dan-sains-rasa-manis-delima-bermanfaat-untuk-tenggorokan-hingga-paru-paru-4OPzLRCXlf.jpg Buah delima. (Foto: Racool Studio/Freepik)
A A A

ALQURAN dan sains membuktikan bahwa buah delima kaya manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Delima sendiri menjadi salah satu buah yang tertulis di dalam ayat suci Alquran dan hadis berkat manfaat yang luar biasa.

Buah delima disebutkan di dalam kitab suci Alquran, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَهُوَ الَّذِي أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجْنَا بِهِ نَبَاتَ كُلِّ شَيْءٍ فَأَخْرَجْنَا مِنْهُ خَضِرًا نُخْرِجُ مِنْهُ حَبًّا مُتَرَاكِبًا وَمِنَ النَّخْلِ مِنْ طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ وَجَنَّاتٍ مِنْ أَعْنَابٍ وَالزَّيْتُونَ وَالرُّمَّانَ مُشْتَبِهًا وَغَيْرَ مُتَشَابِهٍ ۗ انْظُرُوا إِلَىٰ ثَمَرِهِ إِذَا أَثْمَرَ وَيَنْعِهِ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكُمْ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Artinya: "Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman." (QS Al An'am: 99)

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Alasan Rasulullah Anjurkan Konsumsi Yoghurt 

Buah delima. (Foto: Kamran Aydinov/Freepik)

Sementara itu dikutip dari 'Buku Pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah' karya Dr Nadiah Thayyarah, delima termasuk tumbuhan purbakala yang dikenal sejak lama oleh umat terdahulu, dan mereka sangat mengenal keistimewaan serta manfaatnya. Bahkan di masa Firaun Mesir kuno telah memanfaatkan buah ini sebagai obat.

Sebenarnya buah delima berasal dari Asia barat daya atau barat laut India. Dari situlah delima disebarluaskan hingga wilayah Iran, lalu ke pesisir laut Mediterania dan Mesir. Kemudian ke Eropa dalam beberapa abad terakhir.

Baca juga: Awan Bisa Berbentuk Gelombang Tsunami, Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

Dalam khazanah literatur keislaman terdapat pembahasan yang cukup mendalam tentang buah delima ini. Ibnu Al-Qayyim menulis:

"Rasa manis buah delima bermanfaat bagi lambung, tenggorokan, dada, dan paru-paru. Delima bermanfaat pada saat batuk, airnya berkhasiat sebagai mencahar perut, dan asamnya dapat memperbaiki proses pembuangan pada pencemaan. Delima juga dapat memperlancar air seni, mengurangi zat kuning pada hati, mengatasi diare, mencegah muntah, dan memperkuat fungsi organ tubuh."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Delima merupakan tumbuhan berbuah dari golongan jambu-jambuan (Myrtaceae), dan buahnya dikenal istimewa karena berwarna merah cerah seperti mutiara. Bunganya pun berwarna merah tua indah yang dikenal dalam bahasa Arab dengan Jullanar.

Sejumlah riset kedokteran mutakhir menyatakan kulit bagian dalam berwarna putih yang terdapat di antara butiran-butiran buah delima memiliki manfaat medis berikut:

Baca juga: Alquran dan Sains: 6 Bintang Paling Terang Ternyata Punya Nama Arab 

1. Meredakan pembengkakan varises, menguatkan memori otak, dan berperan penting bagi pengobatan radang sendi. Delima juga dapat mencegah radang diklofenak melalui pemanfaatan kloroform yang diekstrak dari kerak dan bijinya.

2. Memperkuat daya tahan tubuh karena mampu merangsang tubuh untuk memproduksi zat antioksidan dan mengendalikan pertumbuhan radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit kanker, jantung, ginjal, hati, dan penuaan dini.

3. Mencegah penyempitan pembuluh nadi karena jus delima mengandung zat antioksidan dalam jumlah yang lebih banyak ketimbang buah-buahan dan sayuran lainnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Keistimewaan Lebah, Bisa Obati Berbagai Penyakit 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini