Share

Doa Berbuka Puasa Senin Kamis, Jangan Lupa Awali dengan Bismillah

Hantoro, Jurnalis · Kamis 23 September 2021 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 618 2475737 doa-berbuka-puasa-senin-kamis-jangan-lupa-awali-dengan-bismillah-QrNgP4vRYq.jpg Ilustrasi doa berbuka puasa Senin Kamis. (Foto: Shutterstock)
A A A

HARI ini banyak umat Islam yang menunaikan ibadah sunah puasa Senin Kamis. Kali ini bertepatan dengan Kamis 23 September 2021 atau 16 Safar 1443 Hijriah. Nah, ketika berbuka puasa nanti sore adalah waktu yang membahagiakan, maka selayaknya diiringi membaca doa berbuka puasa Senin Kamis. Ditambah, keutamaannya sangat besar.

Dikutip dari laman Muslim.or.id, Kamis (23/9/2021), sebelum meminum air untuk membatalkan puasa ketika terdengar azan Sholat Magrib, diawali membaca Bismillah. Dilanjutkan membaca doa yang diajarkan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam.

Baca juga: 4 Potret Pesepakbola Muslim Klub Chelsea Hakim Ziyech Sayang Uminya, Patut Ditiru 

Ibnu Umar Radhiallahu 'anhu berkata:

ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله

Artinya: "Biasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam jika berbuka Beliau berdoa: Dzahabazh zhama’u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah (Telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insya Allah)." (HR Abu Daud Nomor 2357, An Nasa'i Nomor 3315, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud)

Ilustrasi buka puasa Senin Kamis.

Ada keutamaan yang sangat besar di balik doa berbuka puasa. Semua Muslim diajarkan selalu bersyukur karena masih bisa berpuasa sekaligus menikmati waktu berbuka saat azan Sholat Magrib berkumandang.

Baca juga: Masya Allah... Wulan Guritno Rajin Zikir, Punya Target Setiap Harinya 

Berbuka puasa adalah salah satu waktu yang paling bahagia bagi umat Islam. Sebagaimana dalam riwayat hadis, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

للصائم فرحتان : فرحة عند فطره ، وفرحة عند لقاء ربه

Artinya: "Orang yang puasa mendapatkan dua kebahagiaan bahagia saat berbuka, dan bahagia saat bertemu dengan Rabb-nya." (Muttafaq 'alaihi)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wassallam pun meminta kepada seluruh umatnya agar menyegerakan berbuka puasa. Dianjurkan untuk bersegera berbuka puasa ketika matahari terbenam.

Hal ini berdasarkan riwayat dari Umar bin Khathab Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam bersabda:

إِذَا أقْبَلَ اللَّيْلُ مِن هَا هُنَا، وأَدْبَرَ النَّهَارُ مِن هَا هُنَا، وغَرَبَتِ الشَّمْسُ فقَدْ أفْطَرَ الصَّائِمُ

Artinya: "Jika datang malam dari sini, dan telah pergi siang dari sini, dan terbenam matahari, maka orang yang berpuasa boleh berbuka." (HR Bukhari Nomor 1954, Muslim Nomor 1100)

Baca juga: 7 Larangan untuk Wanita yang Sedang Haid dan Nifas, Apa Saja? 

Dari Abu Hurairah Radhiallahu 'anhu, Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam bersabda:

لا يزالُ النَّاسُ بخَيرٍ ما عجَّلوا الفِطرَ عجِّلوا الفطرَ

Artinya: "Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka." (HR Ibnu Majah, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibnu Majah).

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini