Share

Malam Jumat Disunahkan Baca Surah Al Kahfi, Simak Keutamaannya

Hantoro, Jurnalis · Kamis 23 September 2021 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 618 2475884 malam-jumat-disunahkan-baca-surah-al-kahfi-simak-keutamaannya-6g1DhYriHd.jpg Ilustrasi membaca Surah Al Kahfi setiap malam Jumat. (Foto: Mucahityildiz/Pixabay)
A A A

SETIAP malam Jumat disunahkan membaca Surah Al Kahfi. Ada keutamaan besar di balik amal salih ini. Mereka yang menunaikannya bakal mendapat limpahan cahaya keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dirangkum dari laman Rumaysho, Kamis (23/9/2021), Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal ST MSc menjelaskan bahwa tuntunan membaca Surah Al Kahfi setiap Kamis malam atau malam Jumat berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Baca juga: Bacaan Amalan Sunah Zikir Petang Hari Ini, Kamis 23 September 2021 

Ilustrasi membaca Surah Al Kahfi. (Foto: Unsplash)

Dalam riwayat dari Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Baca juga: Doa Sujud Sahwi, Lengkap dengan Terjemahan dan Artinya 

Kemudian dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6470)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selanjutnya dijelaskan juga bahwa saking kuatnya pengaruh cahaya yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala, orang yang membaca Surah Al Kahfi akan dilindungi dari fitnah Dajjal.

Dari Abu Darda’ Radhiyallahuanhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

"Siapa yang menghafal 10 ayat pertama Surah Al Kahfi maka dia akan dilindungi dari fitnah Dajjal." (HR Muslim 1919, Abu Daud 4325, dan yang lainnya)

Baca juga: 4 Potret Pesepakbola Muslim Klub Chelsea Hakim Ziyech Sayang Uminya, Patut Ditiru 

Maka itu, jangan dilewatkan membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat ini. Mengingat, amalan tersebut sesuai ajaran Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dan terdapat pahala besar dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini