Share

Ingin Melawan Hawa Nafsu Keburukan? Ikuti Tips Ustadz Khalid Basalmah Ini

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 24 September 2021 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 330 2476183 ingin-melawan-hawa-nafsu-keburukan-ikuti-tips-ustadz-khalid-basalmah-ini-WzeVRojmxZ.jpg Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA. (Foto: YouTube Khalid Basalamah Official)
A A A

USTADZ Dr Khalid Basalamah Lc MA mengatakan kaum Muslimin harus bisa melawan hawa nafsu keburukan. Langkah ini termasuk istilah mujahadah. Mujahadah memiliki arti tersendiri dalam Islam, biasanya diartikan sebagai perjuangan seseorang yang berusaha lebih mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Baca juga: Kenapa Baca Alhamdulillah Usai Makan? Ini Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah 

Ustadz Khalid Basalamah menerangkan, jiwa, hati, dan pikiran seseorang tidak ada yang tahu, melainkan diri orang itu sendiri dan Allah Subhanahu wa ta'ala. Namun, setiap manusia pasti mempunyai godaan yang bisa menjerumuskan kepada hawa nafsu.

Ilustrasi Muslimin melawan hawa nafsu keburukan dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. (Foto: Unsplash)

Hawa nafsu itulah yang bisa mencelakakan seseorang dalam berbuat baik. Dalam konteks ini maka mujahadah adalah perang melawan hawa nafsu yang tidak baik dan menjerumuskan.

Baca juga: Kiat-Kiat Hijrah ala Ustadz Khalid Basalamah, Pahami Dulu Keutamaan Ibadah 

"Perang terhadap hawa nafsu, yaitu Rasulullah pernah berkata, 'Hendaklah seorang muslim mengetahui bahwa musuh musuh bebuyutannya adalah nafsu dirinya sendiri, nafsu menurut tabiatnya condong kepada keburukan dan lari dari kebaikan, serta senantiasa menyuruh kejelekan. Jika jiwa kita ini dibawa santai, maka akan santai terus, jiwa pasti mau seperti itu. Tapi kita harus paksakan diri, kita harus mujahadah, kita harus paksakan jiwa kita kepada kebaikan," jelas Ustadz Khalid Basalamah, seperti dikutip dari video di kanal YouTube Kebumen Mengaji.

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini