Share

Kenangan Suliadi, Mantan Sopir Jokowi Menguak Uniknya Kelakuan RI 1

Arief Setyadi , Okezone · Minggu 26 September 2021 22:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 26 337 2477192 kenangan-suliadi-mantan-sopir-jokowi-menguak-uniknya-kelakuan-ri-1-OlbuxDPeyH.jpg Suliadi, mantan sopir Presiden Joko Widodo (Foto: Youtube Presiden Joko Widodo)
A A A

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah memiliki seorang sopir semasa dirinya menjadi Wali Kota di Solo. Berjuta kenangan pun tersimpan di dalam benak sang mantan sopir.

Dia adalah Suliadi, pria asli Malang, Jawa Timur. Dalam video yang diunggah channel Youtube Presiden Joko Widodo, Suliadi menceritakan kenangannya.

Menurutnya, Jokowi sosok sangat baik pada dirinya dan tidak pernah macam-macam. Semasa dirinya menyopiri Jokowi adalah orang yang santai.

"Bapak Jokowi ini nggak pernah macam-macam, di dalam mobil santai. Biasanya bawa kaset lagu-lagu, apa, Metallica, musik klenengan (gamelan Jawa), seperti itu," ujarnya seperti dikutip Okezone, Minggu (26/9/2021).

Baca Juga: Survei: 61,8% Masyarakat Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi Tangani Pandemi Covid-19

Ketika mengantar Jokowi, aku Suliadi, yang disiapkan biasanya roti, pisang rebus dan kacang rebus. Ia pun menceritakan kejadian unik tentang Jokowi.

"Pulang dari semarang, kan bapak tidur. Sudah sampai rumah, kok nggak bangun-bangun. Begitu pikir saya sama ajudan,"

Kata Suliadi, sama Jokowi pun ditanya, "memang sudah lama ya, pak, sampai rumah?"

"Iya, segitulah pak, kira-kira satu jam" 

Jokowi kembali bertanya, "kok tidak dibangunkan?"

Suliadi pun menjawab, "kayaknya bapak kelihatan capek sekali. Jadi saya sama ajudannya menunggu di dalam mobil sampai bapak bangun. Sebangunnya Bapak"

Kejadian unik yang dialami Suliadi tak hanya itu. Ia juga menceritakan kejadian unik lainnya saat banjir menerjang Solo.

"Waktu banjir di Solo itu, kan saya sama bapak dan ibu keliling Joyotakan. Setelah keliling lama gitu, lama-lama, mau nanjak tanggul itu, mobil langsung mogok," katanya.

Baca Juga: Jokowi Harap Karang Taruna Lahirkan Kepemimpinan Berwatak Sosial

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Suliadi meminta Jokowi untuk berada di mobil memegang kemudi, dan dirinya yang mendorong mobil. Namun, Jokowi malah menjawab, "enggak, Pak Suli yang di dalam sama ibu, saya yang mendorong," begitu katanya.

Semasa dirinya bekerja Jokowi, Suliadi mengaku tidak pernah dimarahi. Ia pun senang, Jokowi bisa menjadi Presiden. "Saya senang bapak menjadi presiden. Saya pokoknya senang lah, bapak tidak macam-macam, bapak tidak berubah ke saya," tuturnya.

Di matanya, Jokowi adalah sosok yang penting. Sebab, tanpa Jokowi ia merasa tidak akan berada di titik ini. Ia pun berpesan kepada Jokowi untuk terus menjaga kesehatannya dan menyelipkan doa.

"Bapak jokowi, kesehatannya dijaga, bapak sama makannya jangan sampai lupa. Semoga panjang umur," katanya.

Sementara Widodo Prasetyo, paman Jokowi, mengungkapkan saat Jokowi harus tinggal di rumah Tirtoyoso, karena rumah yang di Gilingan, yang di pinggir kali kena gusur.

"Sehingga mau tidak mau harus cari rumah, ya alhamdulillah dapatnya itu di Tirtoyoso itu. Kalau isi rumahnya setahu saya hanya ada kulkas sama meja makan satu saja," katanya.

"Televisi hitam putih, kecil, 24 inch, itu. Sewaktu bersama keluarga di Tirtoyoso itu di antaranya Pak Joko kuliah juga disitu, lulus masih di situ. Dapat istri mbak Ana itu juga di situ," imbuhnya.

Menurutnya, banyak kenangan yang ditinggalkan Jokowi di rumah tersebut. Kini, rumah tersebut dihuni Suliadi, lantaran Jokowi harus pindah ke Jakarta.

"Nah, berkembangnya waktu karena Pak Joko nya jadi wali kota terus pindah ke Jakarta. Pak Suli waktu itu ngontrak enggak tau di mana, akhirnya dikasih tempat yang layak, bisa berkmpul dengan keluarganya di rumah Pak Joko, itu sangat mulia sekali," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini