Share

Pemerintah Ingin Bintan Jadi Percontohan Travel Bubble, Sudah Siapkah?

Antara, Jurnalis · Minggu 26 September 2021 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 26 406 2476928 pemerintah-ingin-bintan-jadi-percontohan-travel-bubble-sudah-siapkah-mGCVA906Se.JPG Kawasan wisata Lagoi di Pulau Bintan, Kepri (Foto: Kemenparekraf)

PEMERINTAH pusat menginginkan kawasan wisata di Lagoi Kabupaten Bintan menjadi pilot project alias percontohan penerapan kesepakatan koridor perjalanan yang sehat dengan Singapura berkonsep gelembung perjalanan atau travel bubble.

"Pemerintah maunya Bintan, target pertama di Bintan. Lagoi siap dibuka dengan protokol kesehatan," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Buralimar dalam webinar, Sabtu kemarin.

Menurut dia, Lagoi relatif siap untuk dibuka kembali untuk wisatawan mancanegara. Pihak pengelola telah melakukan berbagai persiapan untuk melayani pelancong di masa pandemi.

"Penyediaan GeNose dan PCR. Bahkan PCR sudah punya klinik sendiri," kata dia.

Baca juga: Kemenparekraf Upayakan Reaktivasi Wisata Bintan dengan Travel Bubble

Menurut Buralimar, selain kesiapan pengelola, kondisi Lagoi yang enclave juga mendukung untuk penerapan travel bubble dengan Singapura.

"Kami harap wisatawan datang berangsur, 100 orang dulu, tidak langsung sekaligus banyak," katanya.

Sementara itu, General Manager Bintan Resort, Abdul Wahab mengatakan, pihaknya menyiapkan Bluepass, alat pelacak kontak erat untuk karyawan. Dengan alat itu, maka apabila ada yang terpapar, maka bisa diketahui kontak eratnya dengan cepat.

Pihaknya juga menggunakan kode QR hampir di setiap hotel, resor dan wahana yang ada di sana. Sehingga pergerakan pengunjung dapat dipantau.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kami juga bekerja sama dengan rumah sakit, ini kehendak Kementerian Kesehatan RI dan Kementerian Kesehatan Singapura," kata Wahab.

Sejatinya kata dia, pembukaan perbatasan terbatas dengan Singapura digelar September 2021. Namun karena kondisi Covid-19 di Negeri Singa, maka terpaksa diundur hingga Oktober mendatang.

"Karena kami mendapat tahu, ada indikasi ada 'meeting' antara Presiden RI dan Perdana Menteri Singapura di Bintan. Kami coba buka Bintan untuk Singapura sebelum meeting," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini