Share

Menikmati Keindahan Rombebai di Bumi Cenderawasih, Danau Terbesar Kedua setelah Sentani

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 26 September 2021 19:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 26 408 2477071 menikmati-keindahan-rombebai-di-bumi-cenderawasih-danau-terbesar-kedua-setelah-sentani-uUZIcouXlU.JPG Panorama sunset di Danau Rombebai, Papua (Foto: Instagram/@hendriansyahcool)

PULAU Papua tak terbantahkan memiliki kekayaan alam yang asri dan masih sangat terjaga. Tak heran pesona keindahan alamnya akan menghipnotis siapa saja yang berkunjung ke sana. Salah satu yang paling memikat ialah danaunya.

Selain Danau Sentani, di kawasan Indonesia paling timur ini juga terdapat Danau Rombebai yang jadi destinasi populer di sana.

Danau Rombebai berlokasi di tepi Sungai Mamberamo atau tepatnya di Kecamatan Mamberamo Hilir, Kabupaten Mamberamo Raya, Provinsi Papua.

Danau ini memiliki luas 13.749 hektare, dan menjadi danau terluas dan terbesar kedua setelah Danau Sentani. Rombebai berdekatan dengan aliran Sungai Mamberamo dan berjarak 20 km dari Samudera Pasifik.

Pemandangan di sekitarnya sangat indah. Alamnya masih terjaga, apalagi lebih menarik dikelilingi oleh perbukitan yang diselimuti oleh rerumputan hijau nan segar.

Baca juga: Menikmati Pesona Bukit Kota Jayapura, Seperti di Luar Negeri

Danau Rombebai

(Foto: Instagram/@om_gendu)

Anda bisa banget mencari spot paling menarik untuk berfoto dengan latar belakang Danau Rombebai, cantik, alami dan memesona.

Selain itu saat senja tiba, Anda bisa melihat pemandangan matahari terbenam (sunset) yang bewarna cantik. Ditambah dengan suasana alam di sekitarnya Danau Rombebai.

Kendati Danau ini berada 20 kilometer (km) dari lautan, pernah ditemui adanya ikan hiu di perairan danau air tawar ini lho!.

Hal ini tak mengeherankan, karena danau ini terhubung dengan Sungai Memberamo, di mana sungainya mengalir deras sampai ke Samudera Pasifik. Oleh karenanya hewan yang berasal dari laut, bisa saja masuk ke wilayah perairan air tawar di sekitarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk liburan ke Danau Rombebai, saat ini aksesnya cukup mudah, karena Kabupaten Mamberamo Raya telah memiliki Bandara Kasonaweja sebagai akses masuk bagi pelancong.

Perlu diketahui, pesawat yang mendarat di Bandara Kasonaweja sementara ini hanya pesawat kecil. Serta kapasitas penumpangnya antara 8 hingga 10 orang saja. Anda bisa menggunakan pesawat carter, misalnya.

Setelah itu perjalanan dilanjutkan menyeberangi sungai menggunakan speed boat dengan tarif yang berbeda-beda menuju Dermaga Burmeso. Sesampainya di dermaga, Anda bisa melanjutkannya dengan kendaraan darat untuk menjangkau objek wisata ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini