Share

Apa Itu Ilmu Tajwid dalam Membaca Alquran? Ini Penjelasannya

Hantoro, Jurnalis · Senin 27 September 2021 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 330 2477364 apa-itu-ilmu-tajwid-dalam-membaca-alquran-ini-penjelasannya-ge41mrzG4d.jpg Ilustrasi ilmu tajwid dalam membaca Alquran. (Foto: Okezone)
A A A

UMAT Islam hendaknya selalu rajin membaca ayat-ayat suci Alquran. Ini merupakan amal salih yang memiliki keutamaan besar di baliknya. Kemudian dalam tadarus Alquran dikenal adanya ilmu tajwid. Lalu apakah sebenarnya ilmu tajwid dalam membaca Alquran?

Baca juga: Wajib Tahu, 11 Hukum Bacaan Tajwid dalam Alquran Supaya Tadarus Lebih Tepat 

Sebagaimana dikutip dari laman Muslim.or.id, Senin (27/9/2021), Ustadz Yulian Purnama SKom menjelaskan bahwa tajwid secara bahasa adalah mashdar dari jawwada-yujawwidu yang artinya membaguskan. Sedangkan secara istilah, Imam Ibnul Jazari menjelaskan:

الإتيان بالقراءة مجودة بالألفاظ بريئة من الرداءة في النطق ومعناه انتهاء الغاية في التصحيح وبلوغ النهاية في التحسين

Artinya: "Tajwid adalah membaca dengan membaguskan pelafalannya, yang terhindar dari keburukan pelafalan dan keburukan maknanya, serta membaca dengan maksimal tingkat kebenarannya dan kebagusannya." (Kitab An Nasyr fil Qira’at Al ‘Asyr, 1/210)

Baca juga: 10 Keutamaan Surat Az-Zumar yang Wajib Diketahui Setiap Muslim 

Ilustrasi ilmu tajwid dalam membaca Alquran. (Foto: Shutterstock)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Beliau juga menjelaskan hakikat ilmu tajwid:

فالتجويد هو حلية التلاوة ، وزينة القراءة ، وهو إعطاء الحروف حقوقها وترتيبها مراتبها ، ورد الحرف إلى مخرجه وأصله ، وإلحاقه بنظيره وتصحيح لفظه وتلطيف النطق به على حال صيغته ، وكمال هيئته ; من غير إسراف ولا تعسف ولا إفراط ولا تكلف

Artinya: "Maka tajwid itu merupakan penghias bacaan, yaitu dengan memberikan hak-hak, urutan dan tingkatan yang benar kepada setiap huruf, dan mengembalikan setiap huruf pada tempat keluarnya dan pada asalnya, dan menyesuaikan huruf-huruf tersebut pada setiap keadaannya, dan membenarkan lafadznya dan memperindah pelafalannya pada setiap konteks, menyempurnakan bentuknya. Tanpa berlebihan, dan tanpa meremehkan." (An Nasyr fil Qira’at Al ‘Asyr, 1/212)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Alquran dan Sains Beberkan Asal-usul Besi, Tertulis Lengkap di Surah Al Hadid 

Ilustrasi ilmu tajwid dalam membaca Alquran. (Foto: Salman Mardira/Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini