Share

Membaca Ayat Alquran Hendaknya Tartil Sesuai Tajwid, Ini Maknanya

Hantoro, Jurnalis · Senin 27 September 2021 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 330 2477437 membaca-ayat-alquran-hendaknya-tartil-sesuai-tajwid-ini-maknanya-lrAJc38bk0.jpg Ilustrasi membaca Alquran dengan tartil sesuai tajwid. (Foto: Shutterstock)
A A A

MEMBACA ayat-ayat suci Alquran hendaknya secara tartil. Artinya, memahami panjang-pendeknya huruf yang dibaca. Selain itu, mengerti makhrojul khuruf maupun kapan harus berhenti dan lanjut. Hal ini sebagaimana terdapat dalam ilmu tajwid.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

اَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْاٰنَ تَرْتِيْلًاۗ

Artinya: "Atau lebih dari seperdua itu, dan bacalah Alquran itu dengan tartil." (QS Surah Al Muzzamil: 4)

Baca juga: Apa Itu Ilmu Tajwid dalam Membaca Alquran? Ini Penjelasannya 

Dikutip dari laman Muslim.or.id, Senin (27/9/2021), Ustadz Yulian Purnama SKom menjelaskan pengertian tartil di sini dimaknai dengan hukum-hukum tajwid. Simak penjelasan para ulama tafsir mengenai ayat tersebut.

Ilustrasi membaca Alquran secara tartil sesuai tajwid. (Foto: Shutterstock)

Imam Ibnu Katsir menjelaskan:

وَقَوْلُهُ: {وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلا} أَيِ: اقْرَأْهُ عَلَى تَمَهُّلٍ، فَإِنَّهُ يَكُونُ عَوْنًا عَلَى فَهْمِ الْقُرْآنِ وَتَدَبُّرِهِ

Artinya: "Dan firman-Nya: 'Dan bacalah Alquran dengan tartil', maksudnya bacalah dengan pelan karena itu bisa membantu untuk memahaminya dan men-tadabburi-nya." (Tafsir Ibni Katsir, 8/250)

Baca juga: Wajib Tahu, 11 Hukum Bacaan Tajwid dalam Alquran Supaya Tadarus Lebih Tepat 

Imam Ath Thabari juga menjelaskan:

وقوله: (وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلا) يقول جلّ وعزّ: وبين القرآن إذا قرأته تبيينا، وترسل فيه ترسلا

Artinya: "Dan firman-Nya: 'Dan bacalah Alquran dengan tartil', maksudnya Allah ‘Azza wa Jalla mengatakan: 'Perjelaslah jika engkau membaca Alquran dan bacalah dengan tarassul (pelan dan hati-hati)'." (Tafsir Ath Thabari, 23/680)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

As Sa’di menjelaskan:

{وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلا} فإن ترتيل القرآن به يحصل التدبر والتفكر، وتحريك القلوب به، والتعبد بآياته، والتهيؤ والاستعداد التام له

Artinya: "'Dan bacalah Alquran dengan tartil', karena membaca dengan tartil itu adalah membaca yang disertai tadabbur dan tafakkur, hati bisa tergerak karenanya, menghamba dengan ayat-ayat-Nya, dan tercipta kewaspadaan dan kesiapan diri yang sempurna kepadanya." (Taisir Karimirrahman, 892)

Demikian dijelaskan para ulama ahli tafsir mengenai makna tartil atau membaca Alquran secara pelan-pelan sesuai tajwid. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bishawab.

Baca juga: Membaca Alquran dengan Tajwid, Apakah Hukumnya Wajib? 

Ilustrasi ilmu tajwid dalam membaca Alquran. (Foto: Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini