Share

Mengapa Tubuh Paus Biru Lebih Besar Dibanding Jenis Lainnya? Ini Penjelasan Alquran dan Sains

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 28 September 2021 08:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 28 614 2477881 mengapa-tubuh-paus-biru-lebih-besar-dibanding-jenis-lainnya-ini-penjelasan-alquran-dan-sains-EXPOjqEayf.jpg Alquran dan sains mengungkap keberadaan paus biru bukti kekuasaan Allah Subhanahu wa ta'ala. (Foto: BBC)
A A A

ALQURAN dan sains mengungkap ikan paus biru adalah bukti kuasa Allah Subhanahu wa ta'ala. Ikan paus biru adalah salah satu penghuni di lautan luas. Ikan besar ini mampu menjelajahi lautan luas. Paus termasuk jenis mamalia dan keberadaannya cukup dinanti oleh manusia.

Sementara jenis paus biru jumlahnya lebih dari 150 ribu ekor, sebagaimana telah diperkirakan oleh para ilmuwan. Paus biru tergolong hewan terbesar di dunia.

Baca juga: Alquran dan Sains Buktikan Bawang Merah Bisa Jadi Antivirus hingga Pencegah Kanker 

Dikutip dari buku pintar 'Sains dalam Alquran' karya Dr Nadiah Thayyarah, berat ikan paus biru sekira 130 ton dan panjangnya mencapai 35 meter. Jika dikalikan berat ikan paus biru ini dengan jumlah populasinya, hasilnya akan sangat besar.

Kemudian apabila jumlah daging sebanyak itu dibagikan kepada seluruh penduduk bumi, maka setiap orang akan mendapatkan 4 kilogram.

Info grafis ambergris muntahan ikan paus. (Foto: Okezone)

Jenis mamalia penghuni laut satu ini ukurannya sangatlah besar, meski demikian ukuran janinnya sangatlah kecil, yakni tidak lebih dari 1 sentimeter. Namun setelah dilahirkan bisa mencapai 7 meter dan memiliki bobot seberat 2 ton.

Ikan paus dapat bertahan di dalam laut lebih dari 30 menit, sementara manusia tidak akan dapat bertahan di dalam air tanpa bernapas lebih dari 3 menit.

Baca juga: Alquran dan Sains Beberkan Asal-usul Besi, Tertulis Lengkap di Surah Al Hadid 

Kemampuan ikan paus ini disebabkan struktur tubuhnya yang mampu menyimpan oksigen ke dalam otot-ototnya, darahnya, dan jaringanjaringan tubuhnya. Sementara paru-parunya hanya menyimpan 10 persen oksigen.

Ikan paus menjelajahi lingkaran dunia dari utara ke selatan, ke Kutub Utara dan Selatan, dan kembali lagi ke Khatulistiwa. Padahal sebagaimana diketahui bersama, terdapat perbedaan suhu yang sangat besar antara daerah Kutub dan Khatulistiwa. Namun ajaibnya, ikan paus memiliki lapisan lemak yang bisa melindunginya dari suhu dingin.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ketebalan lapisan itu mencapai 1 meter. Jika ikan paus pergi ke daerah Khatulistiwa yang hangat, lapisan lemak itu akan menipis hingga ketebalannya tinggal separuhnya saja.

Baca juga: Mengapa Terjadi Hujan Meteor? Ini Jawaban Alquran dan Sains 

Keistimewaan ikan paus ini menjadi salah satu bukti kebesaran Allah Subhanahu wa ta’ala. Sebagaimana tertulis di dalam kitab suci Alquran. Allah Ta'ala berfirman:

وَسَخَّرَ لَكُم مَّا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ جَمِيعًا مِّنْهُ ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: "Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berpikir." (QS Al Jatsiyah: 13)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Alquran dan Sains: Rasa Manis Delima Bermanfaat untuk Tenggorokan hingga Paru-Paru 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini