Share

5 Nama Islami Paling Populer di Dunia, Nomor Pertama Panutan Umat Islam

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 28 September 2021 09:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 28 614 2477916 5-nama-islami-paling-populer-di-dunia-nomor-pertama-panutan-umat-islam-1eVrKmjWmD.jpg Ilustrasi nama Islami. (Foto: Shutterstock)
A A A

NAMA Islami selalu menjadi pilihan para orangtua Muslim untuk disematkan kepada anaknya. Pastinya nama ini memiliki makna penuh kebaikan dan bisa menjadi doa hingga si buah hati dewasa kelak. Maka itu, berikan nama terbaik untuk anak.

Terkait nama Islami ini juga dijelaskan dalam hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Beliau bersabda:

ﺇِﻧَّﻜُﻢْ ﺗُﺪْﻋَﻮْﻥَ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ ﺑِﺄَﺳْﻤَﺎﺋِﻜُﻢْ ﻭَﺃَﺳْﻤَﺎﺀِ ﺁﺑَﺎﺋِﻜُﻢْ ﻓَﺄَﺣْﺴِﻨُﻮﺍ ﺃَﺳْﻤَﺎﺀَﻛُﻢْ

Artinya: "Sesungguhnya kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama kalian dan nama bapak-bapak kalian. Maka baguskanlah nama-nama kalian." (HR Abu Dawud dab Al Baihaqi, sebagian ulama menilai sanadnya munqathi’, sebagian menilai sanadnya jayyid)

Baca juga: Bermakna Cantik dan Terhormat, Ini 10 Inspirasi Nama Anak Perempuan Islami 

Ada beberapa nama Islami yang sangat populer dan sering digunakan oleh banyak orang di dunia. Sebagian besar nama memang diambil dari nama tokoh-tokoh penting dalam Islam. Tapi jangan salah, ketika mengetahui artianya, Anda akan langsung jatuh cinta.

Nah, berikut ini lima nama Islami paling populer di dunia, sebagaimana dilansir dari laman The List.

1. Muhammad

Mohammed yang dapat dieja sebagai Muhammed, Muhammad, atau Mohammad adalah nama Nabi terakhir yang menyiarkan ajaran Islam pada abad ke-7. Ia lahir pada tahun 570 Masehi di Kota Makkah yang sekarang menjadi bagian dari Arab Saudi.

Muhammad dibesarkan oleh kakek dan pamannya yang bekerja sebagai pedadang. Saat melakukan ziarah pada tahun 610M ke Jabal al-Nour, Malaikat Jibril muncul ketika Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sedang berada di Gua Hira. Ia datang untuk memberikan wahyu pertama kepada Nabi Muhammad yang kemudian menjadikannya sebagai tokoh sentral dalam agama Islam.

Nama Muhammad menduduki peringkat 566 di Amerika Serikat pada tahun 2017, dan dilaporkan sebagai nama paling populer di Oslo. Di Norwegia, nama Muhammad juga menjadi nama paling populer pada tahun 2014. Menurut laporan tahun 2016, nama tersebut juga termasuk 10 nama paling populer di Inggris.

Baca juga: 10 Inspirasi Nama Anak Islami Bermakna Bijaksana, Jadi Penyejuk Hati Orangtua 

2. Abdullah

Nama tersebut sebetulnya diambil dari transkripsi nama Abd Allah yang berarti "Hamba" dan "Allah". Di sisi lain, Abd Allah adalah ayah dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Meskipun ia meninggal sebelum Muhammad lahir, Abdullah adalah salah satu nama paling umum di dunia Muslim. Bahkan, nama ini menduduki peringkat 328 pada daftar nama paling populer di Amerika Serikat tahun 2018.

Ada banyak sekali orang terkenal yang menggunakan nama ini. Mulai dari Abdullah bin Abdulaziz al-Saud yang merupakan raja Arab Saudi sebelum meninggal tahun 2015 lalu. Lalu ada Raja Abdullah II dari Yordania dan mantan Presiden Turki Abdullah Gul.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Khadijah

Seperti diketahui, Khadijah adalah nama istri pertama Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang ia temui saat masih berprofesi sebagai pedagang. Usianya 15 tahun lebih tua dari Muhammad. Kendati demikian, keduanya tetap yakin untuk melanjutkan pernikahan dan memiliki banyak anak.

Khadijah juga merupakan termasuk orang-orang pertama yang memercayai pengalaman Muhammad saat berada di Jabal al-Nour. Berkat kebesaran hatinya dalam mendukung Muhammad pada masa awal sejarah Islam, Khadijah kemudian diberi julukan "ibu orang-orang mukmin".

Dalam bahasa Arab, Khadijah memiliki arti "Anak pertama, dapat dipercaya, dan dihormati". Namanya juga dinobatkan sebagai salah satu nama gadis paling populer di dunia Islam.

Di Amerika Serikat, nama Khadijah menduduki peringkat 1.822. Sederet tokoh ternama yang menggunakan nama ini antara lain, Khadija Ahrari (perempuan pertama yang terpilih di parlemen, Afghanistan), Khadija al-Salami (produser film wanita pertama Yaman), Khadija Ryadi (aktivis HAM terkemuka di MAroko, dan Khadija Salum Ally Al-Qassmy (anggota parlemen Tanzania).

Baca juga: Buat Ayah Bunda, Ini 10 Nama Anak Laki-Laki Islami Miliki Arti Pemimpin yang Baik 

4. Fatima

Fatima adalah putri Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, dan secara luas diyakini sebagai anak kesayangannya. Fatima juga diketahui memiliki garis keturunan yang panjang. Kontribusi Fatima dalam dunia Islam sangat besar karena dapat melacak dan menulusuri garis keturunan Nabi Muhammad dengan baik.

Dalam bahasa Arab, Fatima berarti "menawan" atau "bersinar". Fatima adalah nama gadis yang sangat populer di berbagai negara yang didominasi Syiah. Nama tersebut menjadi populer di Amerika Serikat, dan kini menduduki peringkat 270.

Beberapa tokoh ternama yang menggunakan Fatima antara lain Fatima Muhammad al-Fihri (pendiri universitas tertua di dunia, Universitas Al-Karaouine di Fez, Maroko), Fatima Suryya Bajia (seorang penulis asal Pakistan), Fatima Said (model berdarah Somali-Amerika yang sempat mengikuti America's Next Top Model).

Baca juga: 10 Inspirasi Nama Anak Laki-Laki Islami Miliki Arti Tampan hingga Adil 

5. Aisha

Aisha atau juga bisa dieja Ayesha adalah bahasa Arab yang memiliki arti hidup dan makmur. Nama ini sangat popuer untuk bayi perempuan di dunia Islam. Ia menduduk peringkat 389 di Amerika Serikat berdasarkan data yang dikeluarkan pada tahun 2018. Nama Aisyah juga diidentikkan dengan sejarah Islam yang sangat kental.

Setelah kematian istri pertamanya Khadijah, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam menikahi Aisha, dan dia kemudian menjadi salah satu tokoh paling penting dalam ajaran Islam. Aisha menghabiskan sebagian besar hidupnya bersama Nabi Muhammad. Bahkan setelah ia meninggal dunia, ada banyak warisan yang diberikan Aisha kepada umat Islam. Salah satunya adalah wawasan serta keahlian dalam menafsirkan Alquran.

Baca juga: 10 Rekomendasi Nama Anak Laki-Laki Islami Bermakna Cerdas hingga Istimewa 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini