Share

Berapa Kecepatan Turunnya Air Hujan? Ini Penjelasan Alquran dan Sains

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 29 September 2021 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 28 614 2478347 berapa-kecepatan-turunnya-air-hujan-ini-penjelasan-alquran-dan-sains-LbbrYOW0d5.jpg Ilustrasi Alquran dan sains mengungkap kecepatan turunnya air hujan. (Foto: Okezone)
A A A

ALQURAN dan sains kali ini mengungkap kadar air hujan yang turun ke permukaan bumi. Diperkirakan sebanyak 16 ton air di bumi menguap setiap detiknya. Jumlah tersebut sama dengan jumlah air yang turun ke bumi setiap detiknya. Ini menunjukkan bahwa hujan bersirkulasi dalam kadar yang seimbang menurut ukurannya.

Dalam Surah Az-Zukhruf Ayat 11, hujan disebutkan sebagai air yang turun dalam ukuran tertentu. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَالَّذِي نَزَّلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً بِقَدَرٍ فَأَنْشَرْنَا بِهِ بَلْدَةً مَيْتًا ۚ كَذَٰلِكَ تُخْرَجُونَ

Artinya: "Dan yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu Kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur)." (QS Az-Zukhruf: 11)

Baca juga: Biji-bijian Disebut 12 Kali dalam Alquran, Sains pun Buktikan Alasannya 

Air hujan jatuh dalam kecepatan maupun ukuran tertentu. Seperti diketahui, ketinggian minimum awan ialah sekira 12.000 meter. Ketika turun dari ketinggian tersebut, sebuah benda yang memiliki berat dan ukuran sebesar tetesan hujan akan terus melaju dan jatuh menimpa tanah dengan kecepatan 558 kilometer per jam.

Objek yang jatuh dengan kecepatan itu akan mengakibatkan kerusakan. Apabila hujan turun dengan cara demikian, maka lahan akan hancur, termasuk permukiman, kendaraan dan orang-orang tidak dapat pergi keluar rumah tanpa mengenakan alat pelindung.

Penghitungan ini dibuat untuk ketinggian 12.000 meter, faktanya ada awan yang memiliki ketinggian sekira 10.000 meter. Sebuah tetesan hujan yang jatuh pada ketinggian ini akan jatuh pada kecepatan yang lebih merusak.

Baca juga: Mengapa Tubuh Paus Biru Lebih Besar Dibanding Jenis Lainnya? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun tidak demikian, dari ketinggian berapa pun hujan itu turun, kecepatan rata-ratanya hanya sekira 8–10 kilometer per jam ketika mencapai tanah. Adanya keistimewaan tetesan hujan, yakni efek gesekan atmosfer yang mempertahankan laju tetesan-tetesan hujan pada batas kecepatan tertentu.

Tidak hanya itu, hujan yang turun umumnya tidak dalam bentuk es. Padahal dalam ketinggian lapisan atmosferis atau tempat terjadinya hujan, memungkinkan temperatur yang sangat rendah. Meski demikian, tetesan-tetesan hujan tidak berubah menjadi partikel es yang membahayakan makhluk hidup di bumi.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Alquran dan Sains Buktikan Bawang Merah Bisa Jadi Antivirus hingga Pencegah Kanker 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini