Share

5 Perawatan Rambut untuk Hijabers dengan Aktivitas Padat

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 28 September 2021 20:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 28 616 2478310 5-perawatan-rambut-untuk-hijabers-dengan-aktivitas-padat-6FJZfpUIg4.jpg Ilustrasi hijabers. (Foto: Marymarkevich/Freepik)
A A A

BANYAK orang menilai hijabers tidak perlu repot-repot menata rambut. Mereka hanya perlu mengenakan hijab dan siap beraktivitas di luar rumah.

Namun ternyata ada hal penting yang harus diperhatikan, misalnya ada rambut-rambut kecil yang tanpa disadari keluar hijab, sehingga bisa dilihat orang lain. Kemudian kerusakan rambut akibat berbagai macam gaya hijab.

Tapi tenang saja, berikut ini lima cara merawat rambut untuk para hijabers dengan aktivitas padat, bisa dipraktikkan sehari-hari, sebagaimana dilansir dari laman Muslim Girl:

Baca juga: 4 Gaya Hijab Busana Adat Tiphaine Poulon, Model Cantik Mualaf Asal Prancis 

Ilustrasi hijabers.

1. Ikat rambut dengan benar

Ikat rambut dengan benar ketika memakai hijab. Jika mengikat rambut terlalu erat akan menyebabkan kerusakan pada rambut. Lebih disarankan menggunakan ciput. Ciput merupakan penutup kepala yang digunakan sebagai dasar hijab atau dalaman pada hijab. Pasalnya, ciput bukan hanya akan menjaga rambut agar tetap pada tempatnya, tetapi juga akan mencegah rambut-rambut kecil keluar, terlebih lagi ciput akan mengurangi kerusakan pada rambut.

Baca juga: 5 Gaya Hijab Medina Zein, Public Figure yang Mendadak Jadi Pusat Perhatian 

2. Pakai hijab yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi

Saat memilih bahan untuk hijab dan ciput, pastikan nyaman dan sesuai cuaca di tempat tinggal kamu. Jika bercuaca panas, maka kamu membutuhkan bahan yang ringan agar rambut mudah bernapas.

Tetapi jika cuacanya dingin, kamu membutuhkan hijab pashmina atau bahan seperti selendang. Bahan katun dan sifon cocok digunakan untuk hijab.

Kemudian pastikan mencuci semua hijab dan ciput secara teratur. Beberapa bahan dapat menyebabkan iritasi kulit kepala, jadi pilihlah yang paling cocok untuk digunakan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Lakukan perawatan rambut secara rutin

Dalam melakukan perawatan rambut secara rutin, maka penting mengetahui jenis rambut kalian dan produk yang paling cocok digunakan. Jika kamu memiliki kulit kepala yang kering, mengenakan hijab akan mencegah kelembabannya, jadi sebaiknya oleskan minyak rambut agar lembap.

Bagi kamu yang mengenakan hijab membuat kulit kepala lebih berminyak, maka sebaiknya gunakan shampo khusus berminyak atau keramas lebih sering. Jangan karena rambut tertutup hijab, jadi mengabaikan perawatan rambut ya.

Baca juga: Kisah Wanita Inggris Jadi Mualaf, Mantap Berhijab dan Menikah dengan Pria Bekasi 

4. Biarkan rambut tergerai

Jika berada di rumah, sebisa mungkin gunakan waktu untuk melepas hijab dan pastikan membiarkan rambut tergerai saat tidak mengenakan hijab. Hal ini penting supaya rambut kalian dapat bernapas setelah berjam-jam di balik hijab.

Baca juga: 4 Gaya Hijab Cantik Rara Nawangsih, Ibunda Amanda Manopo di Sinetron Ikatan Cinta 

5. Memotong rambut dengan rutin

Dengan mengenakan hijab, kamu bisa bereksperimen dengan potongan rambut apa pun. Memotong dengan gaya apa saja dan pada lapisan yang mana saja sesuai yang kamu inginkan. Memangkas rambut secara rutin dapat menghasilkan rambut yang baik, serta membuang rambut-rambut yang telah rusak.

Baca juga: 4 Gaya Hijab Stylish Cantik Biby Alraen, Istri Aktor Ganteng Rifky Balweel 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini