Share

MUI Persilakan Umat Rapatkan Shaf Sholat Berjamaah di Masjid

Hantoro, Jurnalis · Rabu 29 September 2021 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 614 2478507 mui-persilakan-umat-rapatkan-shaf-sholat-berjamaah-di-masjid-feoPGzjQ48.jpg Ketua MUI KH Cholil Nafis mempersilakan umat di daerah hijau merapatkan shaf sholat berjamaah di masjid. (Foto: Instagram)
A A A

KETUA Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis mempersilakan umat merapatkan shaf sholat berjamaah di masjid untuk daerah yang kasus covid-19 sudah dapat dikendalikan. Namun, ia tetap mengimbau jamaah selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Silakan rapatkan shafnya tapi tetap memakai masker dan jaga protokol kesehatan, khususnya di daerah level 1," ungkap KH Cholil Nafis, seperti dikutip dari unggahan di akun Twitter-nya @cholilnafis, Rabu (29/9/2021).

Baca juga: KH Cholil Nafis Tegaskan Berhubungan Intim Melalui Belakang Hukumnya Haram 

Sholat berjamaah di masjid. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

Ia melanjutkan, setelah menunaikan sholat berjamaah, jamaah yang berzikir bisa menerapkan jaga jarak lagi. "Seusai shalat saat dzikir bisa renggang jaga jarak," jelasnya.

Kiai Cholil menerangkan, dipersilakannya umat merapatkan lagi shaf sholat berjamaah sesuai fatwa MUI. Dijelaskan bahwa tata cara beribadah selama masa pandemi covid-19 menyesuaikan kondisi wilayah tersebut.

"Sebab dalam fatwa MUI sudah dijelaskan bahwa perubahan cara ibadah itu tergantung situasi covid-19 setempat," papar Kiai Cholil Nafis.

Baca juga: Ketua MUI Sebut Ada 4 Tipe Manusia, Anda Nomor Berapa? 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ia menambahkan, umat jangan lupa memakai masker dan menjaga prokes secara ketat di mana pun berada, tanpa terkecuali. Kemudian bisa juga selalu berkonsultasi dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di daerah masing-masing.

"Jangan lupa pakai masker dan jaga prokes. Itu untuk daerah hijau atau level 1. Jangan lupa pula berkansultasi dengan Satgas Covid-19 setempat ya," pungkasnya.

Baca juga: Islam Wasathiyah Sebagai Cara Berislam dengan kedewasaan 

Sholat berjamaah di masjid. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini