Share

Keutamaan Surat Al Qamar Ayat 49 Beserta Tafsirnya

Hantoro, Jurnalis · Kamis 30 September 2021 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 330 2479406 keutamaan-surat-al-qamar-ayat-49-beserta-tafsirnya-8GuOonTiIX.jpg Ilustrasi keutamaan Surat Al Qamar Ayat 49. (Foto: Shutterstock)
A A A

KEUTAMAAN Surat Al Qamar Ayat 49 hendaknya bisa diketahui semua Muslim. Surat Al Qamar memiliki arti "Bulan". Ini merupakan surat ke-54 dalam kitab suci Alquran. Terdiri dari 55 ayat, Surat Al Qamar termasuk golongan Makkiyyah atau diturunkan di Kota Makkah, Arab Saudi.

Dikutip dari Alquran Digital Okezone, Kamis (30/9/2021), berikut ini isi Surat Al Qamar Ayat 49, lengkap dengan terjemahan latin dan artinya.

إِنَّا كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنَاهُ بِقَدَرٍ

Innaa kulla shai'in khalaqnaahu biqadar

Artinya: "Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran." (QS Al Qamar: 49)

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Penyebab Munculnya Uban, Karena Apa Ya? 

Tafsir

Seluruh makhluk diciptakan Allah Subhanahu wa ta'ala sesuai ketentuan dan hukum-hukum yang telah ditetapkan-Nya. Karena itu bila seseorang dihukum karena ketetapan dan hukum-hukumnya itu, dan segala sesuatu akan terjadi sesuai ketetapan-Nya.

Dalam ayat lain, Allah Subhanahu wa ta'ala juga berfirman mengenai ketetapan atau takdir, yaitu:

الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَمْ يَتَّخِذْ وَلَدًا وَلَمْ يَكُنْ لَهُ شَرِيكٌ فِي الْمُلْكِ وَخَلَقَ كُلَّ شَيْءٍ فَقَدَّرَهُ تَقْدِيرًا

Artinya: "Yang kepunyaan-Nya-lah kerajaan langit dan bumi, dan Dia tidak mempunyai anak, dan tidak ada sekutu bagi-Nya dalam kekuasaan(Nya), dan dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya." (QS Al Furqan: 2)

Baca juga: Keutamaan Surah At Taghabun Ayat 16, Perintah Patuh hingga Lebih Banyak Amal 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tetapi manusia wajib berusaha, ketentuan-Nya diserahkan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Ini sesuai firman-Nya:

وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَىٰ

وَأَنَّ سَعْيَهُ سَوْفَ يُرَىٰ

Artinya: "Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya, dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya)." (QS An-Najm: 39–40)

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap 2 Obat Peredam Marah, Praktis serta Mudah 

Dalam hadis sahih yang diriwayatkan Imam Ahmad dan Muslim dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Minta tolonglah kepada Allah, dan jangan bersikap lemah. Bila sesuatu menimpamu, maka katakanlah, Allah telah menetapkannya. Apa yang Dia kehendaki, Dia kerjakan, dan jangan kamu berkata: 'Seandainya aku berbuat begini maka akan begitu. Sesungguhnya kata 'seandainya' membuka (kemungkinan pada) perbuatan setan.' Sesuai dengan hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam: Rasullah bersabda: 'Segala sesuatu ditetapkan ukurannya bahkan kelemahan dan kecerdasan'." (Riwayat Imam Ahmad dan Muslim dari Ibnu 'Umar)

Baca juga: Isi Kandungan Surat An Nas Ayat 1-6 

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ ۗ وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُ ۚ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ

Artinya: "Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia." (QS Ar-Ra'd: 11)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Tadarus Alquran Hendaknya dengan Tajwid dan Tartil, Ini Alasannya 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini