Share

Keutamaan Surat Ar Rahman Ayat 33 Lengkap dengan Arti dan Tafsirnya

Hantoro, Jurnalis · Kamis 30 September 2021 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 330 2479416 keutamaan-surat-ar-rahman-ayat-33-lengkap-dengan-arti-dan-tafsirnya-2pV2eQYgUR.jpg Ilustrasi keutamaan Surat Ar Rahman Ayat 33. (Foto: Shutterstock)
A A A

KEUTAMAAN Surat Ar Rahman Ayat 33 bisa diketahui umat Islam. Jadi ketika membacanya akan lebih memahami serta menghayatinya.

Surat Ar Rahman sendiri memiliki arti "Yang Maha Pemurah". Surat ini berada di urutan ke-55 dalam kitab suci Alquran. Surat Ar Rahman terdiri dari 78 ayat dan termasuk golongan Madaniyah atau diturunkan di Kota Madinah, Arab Saudi.

Baca juga: Berapa Kecepatan Turunnya Air Hujan? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

Sebagaimana dikutip dari Alquran Digital Okezone, Kamis (30/9/2021), berikut ini isi Surat Ar Rahman Ayat 33. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ فَانْفُذُوا ۚ لَا تَنْفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَانٍ

Yaa ma'sharal jinni wal insi inis tata'tum an tanfuzoo min aqtaaris samaawaati wal ardi fanfuzoo; laa tanfuzoona illaa bisultaan

Artinya: "Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan." (QS Ar Rahman: 33)

Baca juga: Keutamaan Surat Ad Dukhan, Kabut Asap Tanda Datangnya Hari Kiamat 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tafsir

Ayat ini menyeru jin dan manusia jika mereka sanggup menembus, melintasi penjuru langit dan bumi karena takut akan siksaan dan hukuman Allah, mereka boleh mencoba melakukannya, mereka tidak akan dapat berbuat demikian. Mereka tidak mempunyai kekuatan sedikit pun dalam menghadapi kekuatan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Menurut sebagian ahli tafsir, pengertian sulthan pada ayat ini adalah ilmu pengetahuan. Hal ini menunjukkan bahwa dengan ilmu manusia dapat menembus ruang angkasa.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: 5 Manfaat Surat Ad Dhuha untuk Kehidupan di Dunia 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini