Share

Selama Pandemi Jamaah Hanya Boleh Sekali Umrah, Sekali Sholat di Raudlah

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 30 September 2021 06:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 614 2479026 selama-pandemi-jamaah-hanya-boleh-sekali-umrah-sekali-sholat-di-raudlah-durCYoQ86w.jpg Ilustrasi jamaah umrah. (Foto: Reuters)
A A A

PEMERINTAH Arab Saudi telah membuka kembali penyelenggaraan ibadah umrah sejak Agustus 2021. Tapi, Saudi baru memberikan izin bagi jamaah dari 10 negara yaitu Irak, Nigeria, Sudan, Yordania, Senegal, Bangladesh, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan Uni Emirat Arab.

Kedatangan jamaah umrah kali pertama di Saudi pada 14 Agustus lalu. Sampai saat ini tercatat sudah 12 ribu jamaah yang menunaikan ibadah umrah.

Baca juga: 12 Ribu Jamaah dari 10 Negara Sudah Jalankan Ibadah Umrah 

Lantas, bagaimana penyelenggaraan umrah di masa pandemi seperti sekarang ini?

Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali mengatakan bahwa penyelenggaraan umrah selama pandemi menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Ia mengatakan, jamaah yang sudah mendapat dua kali vaksin dengan vaksin yang digunakan Arab Saudi, atau dua kali vaksin selain vaksin yang digunakan Saudi lalu ditambah dengan booster, maka tidak perlu menjalani karantina setibanya di Jeddah atau Madinah. Mereka bisa langsung menjalankan ibadah.

"Selama di Makkah dan Madinah, jamaah mendapat kesempatan sekali menjalankan umrah, dan sekali sholat di Raudah," tutur Endang dalam rapat virtual tentang persiapan penyelenggaraan ibadah umrah dengan Tim Kemenag dan pihak terkait lainnya, Selasa 28 September 2021.

Baca juga: Rossa Rasakan Kekuatan Doa, Dimudahkan Ibadah Haji hingga Karier Lancar 

"Adapun untuk sholat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, itu bisa dilakukan setiap waktu," tuturnya, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Agama RI.

Bagi jamaah yang baru mendapatkan satu kali vaksin, lanjut Endang, maka harus menjalani isolasi mandiri terlebih dahulu selama empat hari. Pemerintah Arab Saudi selama ini menggunakan empat jenis vaksin yaitu Pfizer, AstraZeneca, Jhonson & Jhonson, serta Moderna.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini