Share

MUI: Rapatkan Shaf, Selesai Sholat Direnggangkan Kembali

Widya Michella, Jurnalis · Kamis 30 September 2021 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 614 2479088 mui-rapatkan-shaf-selesai-sholat-direnggangkan-kembali-VHMaBtTHOd.jpg Ketua MUI KH Cholil Nafis mempersilakan umat Islam di zona hijau merapatkan shaf sholat berjamaah di masjid. (Foto: Sindonews)
A A A

KETUA Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis mempersilakan umat Islam merapatkan shaf sholat berjamaah di masjid untuk daerah yang kasus covid-19 sudah dapat dikendalikan, khususnya di daerah level 1 atau zona hijau.

"Tentu dengan protokol kesehatan (prokes), tapi rapatkan shaf sholat, seusai sholat bisa direnggangkan kembali," jelas KH Cholil Nafis kepada MNC Portal, Kamis (30/09/2021).

Baca juga: MUI Persilakan Umat Rapatkan Shaf Sholat Berjamaah di Masjid 

Ia menerangkan, dipersilakannya umat merapatkan lagi shaf sholat berjamaah sesuai Fatwa MUI Nomor 30 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Sholat Jumat dan Jamaah untuk Mencegah Penularan Wabah Covid-19 serta Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19.

Ilustrasi merapatkan shaf sholat berjamaah. (Foto: Shutterstock)

Dijelaskan bahwa tata cara beribadah selama masa pandemi covid-19 menyesuaikan kondisi wilayah tersebut. "Sebab dalam fatwa MUI sudah dijelaskan bahwa perubahan cara ibadah itu tergantung situasi covid-19 setempat," papar Kiai Cholil Nafis.

Namun, ia tetap mengimbau jamaah selalu menerapkan prokes secara ketat dalam pelaksanaan ibadah sholat berjamaah.

Baca juga: Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Beserta Waktu Pelaksanaannya 

"Tentu pakai masker yang saya sampaikan masker itu lebih bisa menjaga untuk penularan covid 19 dan jaga kebersihan cuci tangan dan seterusnya," terangnya.

"Kalau soal vaksin itu sedang diprogramkan, dianjurkan semua masyarakat mengikuti vaksinasi. Apalagi sekarang gratis dan masih tentunya itu," tuntasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini