Share

Alquran dan Sains Ungkap Penyebab Munculnya Uban, Karena Apa Ya?

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 30 September 2021 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 614 2479162 alquran-dan-sains-ungkap-penyebab-munculnya-uban-karena-apa-ya-IVP2J6KgkT.jpg Alquran dan sains menjelaskan penyebab munculnya rambut uban. (Foto: Huy Phan/Unsplash)
A A A

ALQURAN dan sains kali ini mengungkap munculnya uban atau rambut putih di kepala. Uban bisa menjadi tanda tuanya usia seseorang. Tapi, pertumbuhan uban tidak hanya dipengaruhi faktor usia, namun bisa juga emosi jiwa dan rasa takut.

Terkait penyebab munculnya uban di kepala manusia telah dijelaskan dalam ayat suci Alquran. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surat Ar-Rum Ayat 54:

۞ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ ضَعْفٍ ثُمَّ جَعَلَ مِنْ بَعْدِ ضَعْفٍ قُوَّةً ثُمَّ جَعَلَ مِنْ بَعْدِ قُوَّةٍ ضَعْفًا وَشَيْبَةً ۚ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ ۖ وَهُوَ الْعَلِيمُ الْقَدِيرُ

"Allah, Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa."

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap 2 Obat Peredam Marah, Praktis serta Mudah 

Kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: "Surah Hud telah membuatku beruban, demikian pula Surah Al-Waqi'ah, Al-Mursalat, 'Amma Yatasa'alun (an-Naba'), dan Surah Idza Asy-Syamsu Kuwwirat (At-Takwir)." (HR Tirmidzi)

Ayat mulia tersebut mengisyaratkan bahwa tumbuhnya uban di kepala manusia juga dipengaruhi emosi jiwa dan rasa takut. Demikian dilansir 'Buku Pintar Sains dalam Alquran' karya Dr Nadiyah Thayyarah.

Baca juga: Berapa Kecepatan Turunnya Air Hujan? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

Dalam Tafsir Al Qurthubi disebutkan Bab An-Nadzir atau tentang uban; tanda-tanda dekatnya ajal dan usia tua seperti melemahnya pandangan, membungkuknya punggung, dan berubannya rambut.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda bahwa beberapa surah Alquran yang disebutkan sebelumnya, salah satunya Surah Hud, telah membuat rambut beliau beruban. Ini akibat tingginya emosi beliau dan besarnya rasa takut yang beliau rasakan ketika membaca surah-surah tersebut.

Baca juga: Biji-bijian Disebut 12 Kali dalam Alquran, Sains pun Buktikan Alasannya 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Berbagai riset ilmiah modern membuktikan bahwa rambut yang ada di kepala jumlahnya mencapai 200 ribu helai. Setiap rambut tersebut memiliki satu pembuluh darah dan satu saraf, otot, kelenjar, serta umbi.

Baca juga: Mengapa Tubuh Paus Biru Lebih Besar Dibanding Jenis Lainnya? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

Masing-masing rambut juga memiliki masa hidup selama tiga tahun. Dengan demikian, rambut akan terus memperbarui diri secara total satu kali dalam 2.000 hari.

Sebagian besar ahli juga meyakini bahwa uban adalah penyakit kulit yang bersumber dari saraf emosi, yang menyebabkan kurangnya suplai darah yang mengandung gizi ke rambut. Padahal jauh sebelum mereka, Alquran telah menyebutkan hakikat ini sejak 1.400 tahun silam.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Alquran dan Sains Buktikan Bawang Merah Bisa Jadi Antivirus hingga Pencegah Kanker 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini