Share

Doa agar Dagangan Laris Terus, Yuk Dibaca Setiap Hari

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 30 September 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 618 2479386 doa-agar-dagangan-laris-terus-yuk-dibaca-setiap-hari-CRLlJ7NEYl.jpg Ilustrasi doa agar dagangan laris terus. (Foto: Heru Haryono/Okezone)
A A A

DOA agar dagangan laris terus ternyata cukup banyak dicari orang-orang. Tidak heran jika doa tersebut sangat ingin diketahui, karena hampir di setiap wilayah terdapat pedagang. Ditambah, selama masa pandemi covid-19 ini daya beli menurun, tapi diharapkan dagangan tetap bisa terjual.

Nah, sebagai pendamping usaha supaya dagangan laris terus, bisa membaca doa pembuka pintu rezeki. Ini akan memberikan keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala dan materi yang didapat bakal lebih bermanfaat.

Dinukil dari laman Rumaysho, Kamis (30/9/2021), ada beberapa doa yang insya Allah bisa melancarkan rezeki dan usaha hingga membuat dagangan laris tersu. Doanya ringkas dan cukup mudah dihafalkan.

Baca juga: Hujan Deras dan Ada Kilat, Baca Doa Ini agar Selalu dalam Lindungan Allah Ta'ala 

Pertama, setiap Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wassallam melakukan Sholat Subuh, setelah salam, beliau membaca doa berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rezeki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik)." (HR Ibnu Majah Nomor 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Baca juga: Bacaan Amalan Sunah Zikir Pagi  

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kedua, doa dari hadits ‘Ali, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam pernah mengajarkan doa berikut ini:

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak

Artinya: "Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu." (HR Tirmidzi Nomor 3563. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

Baca juga: Bacaan Amalan Sunah Zikir Petang  

Ketiga:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاهْدِني ، وَعَافِني ، وَارْزُقْنِي

Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii

Artinya: "Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku."

Baca juga: Doa Setelah Mendengar Adzan, Lengkap dengan Latin dan Artinya 

Dari Thoriq bin Asy-yam radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

كَانَ الرَّجُلُ إِذَا أسْلَمَ عَلَّمَهُ النَّبيُّ – صلى الله عليه وسلم – الصَّلاَةَ ثُمَّ أمَرَهُ أنْ يَدْعُوَ بِهؤلاَءِ الكَلِمَاتِ : (( اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاهْدِني ، وَعَافِني ، وَارْزُقْنِي )) .

Artinya: "Jika seseorang baru masuk Islam, Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam mengajarkan pada beliau sholat, lalu beliau memerintahkannya untuk membaca doa berikut: 'Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii'." (HR Muslim Nomor 35, 2697)

Dalam riwayat lain, dari Thariq, ia berkata bahwa ia mendengar Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam dan ketika itu beliau didatangi seorang laki-laki, lalu laki-laki tersebut berkata:

يَا رسول اللهِ ، كَيْفَ أقُولُ حِيْنَ أسْأَلُ رَبِّي ؟ قَالَ : (( قُلْ : اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَعَافِني ، وارْزُقْنِي ، فإنَّ هؤلاَءِ تَجْمَعُ لَكَ دُنْيَاكَ وَآخِرَتَكَ )) .

Artinya: "Wahai Rasulullah, apa yang harus aku katakan ketika aku ingin memohon pada Rabbku?" Beliau bersabda, 'Katakanlah: Allahummaghfir lii, warhamnii, wa ‘aafinii, warzuqnii', karena doa ini telah mencakup dunia dan akhiratmu." (HR Muslim Nomor 36, 2697)

Baca juga: Singkat dan Mudah Diingat, Ini Doa Berbuka Puasa Senin Kamis Sesuai Sunah 

Doa tersebut seperti kandungan dalam doa duduk antara dua sujud ketika sholat. Dalam hadis Ibnu ‘Abbas disebutkan do’a duduk antara dua sujud yang dibaca oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam:

رَبِّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاجْبُرْنِي ، وَارْفَعْنِي ، وَارْزُقْنِي ، وَاهْدِنِي.

Artinya: "Robbighfirlii warahmnii, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wahdinii (Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, cukupkanlah aku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku)." (HR Ahmad 1: 371. Syekh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa haditsnya hasan)

Keempat:

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii

Artinya: "Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku."

Doa ini adalah intisari dari dalil-dalil yang telah disebutkan sebelumnya. Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Ketahui Waktu Mustajab Berdoa, Salah Satunya Jumat Sore 

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini