Share

5 Produk Kecantikan Alami yang Sudah Ada Sejak Zaman Nabi

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 01 Oktober 2021 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 614 2479768 5-produk-kecantikan-alami-yang-sudah-ada-sejak-zaman-nabi-p5mP0HWqCR.jpg Ilustrasi produk kecantikan alami sejak zaman Nabi. (Foto: Shutterstock)
A A A

PRODUK kecantikan ternyata sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Pasalnya, Allah Subhanahu wa ta'ala menyukai hamba-Nya yang memelihara keindahan. Ini telah pun lama diajarkan dalam agama Islam.

Oleh karena itu, seorang muslimah diimbau untuk mempercantik diri dengan memakai riasan atau alat pembersih. Kegiatan mempercantik diri ini diajarkan kepada para istri untuk membahagiakan suaminya.

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ اللهَ جَمِيْلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ

Artinya: "Sesungguhnya Allah Maha Indah dan mencintai keindahan." (HR Muslim)

Nah, berikut ini riasan atau produk kecantikan diri yang sudah ada sejak zaman Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam:

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Al Khawarizmi sang Ahli Matematika Penemu Metode Aljabar 

1. Celak

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menganjurkan kepada umatnya, baik laki-laki maupun perempuan, untuk menggunakan celak. Alasannya, celak memiliki khasiat untuk kesehatan mata, seperti memperindah bulu mata, mempertajam penglihatan, hingga mengobati iritasi pada mata.

Diriwayatkan Ibnu Abbas, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam bersabda:

"Celak yang terbaik untuk kamu adalah itsmid. Sesungguhnya ia bisa menjernihkan penglihatan dan menumbuhkan bulu mata."

Kemudian hadis riwayat Ibnu Majah, Abu Hurairah radhiyallahu anhu berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Barang siapa yang bercelak mata hendaklah ia melakukan dengan bilangan yang ganjil. Siapa yang bercelak dia telah melakukan kebaikan (dapat pahala) dan siapa yang hendak bercelak tiada kepayahan (dosa) baginya."

Baca juga: Dibesarkan Tanpa Agama, Wanita Bule Ini Sekarang Mantap Jadi Muslimah 

2. Henna

Henna atau nama lainnya adalah pacar merupakan salah satu produk kecantikan untuk memperindah kuku. Terbuat dari daun tanaman henna yang dikeringkan, kemudian ditumbuk menjadi bubuk halus.

Namun seiring perkembangan zaman, henna juga tersedia dalam bentuk pasta, sehingga mudah digunakan. Henna juga memiliki aroma yang khas, yaitu harum dedaunan.

Biasanya perempuan akan memakai henna di kuku, hasilnya bervariasi ada yang warna merah, oranye, dan coklat. Selain itu, henna juga kerap dijadikan pengantin untuk mempercantik tangannya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Pensil alis

Supaya memperindah bentuk alis tidak perlu dikerok karena dilarang oleh ajaran agama Islam, cukup memakai pensil alis untuk merapikannya. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Allah melaknat orang yang menato dan yang minta ditato. Allah pula melaknat orang yang mencabut rambut wajah dan yang meminta dicabut." (HR Muslim Nomor 2125)

Sementara itu, Imam An-Nawawi rahimahullah ketika menerangkan an namsh, ia mengatakan:

"An naamishoh adalah orang yang menghilangkan rambut wajah, sedangkan al mutanammishoh adalah orang yang meminta dicabutkan. Perbuatan namsh itu haram kecuali jika pada wanita terdapt jenggot atau kumis, maka tidak mengapa untuk dihilangkan, bahkan menurut kami hal itu disunnahkan." (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 14/106)

Selain itu, celak juga bisa dijadikan pengganti pensil alis. Usapkan tipis-tipis, kemudian bisa dirapikan menggunakan sisir atau sikat alis.

Baca juga: Kisah Elisabeth Mantap Jadi Mualaf Setelah Mengetahui Makna Surah Al Ikhlas 

4. Minyak alami

Minyak alami seperti zaitun, kelapa, hingga benih delima dapat digunakan membantu merawat, dan menyehatkan rambut serta wajah. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pun memakai minyak zaitun sebagai perawatannya.

Dikutip dari akun Facebook The Capal, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: "Makanlah zaitun dan sapulah minyak zaitun. Sesungguhnya ia daripada pohon yang diberkati."

Kemudian Habib Muhammad As-Saggaf mengatakan Rasullullah Shallallahu alaihi wassallam memiliki cara yang bagus ketika menyapu minyak zaitun. Semua pergerakannya bertujuan untuk kecantikan. Pada setiap perbuatan tersirat hikmah tertentu.

Baca juga: 6 Dalil Sahih Berdoa pada Jumat Sore Pasti Akan Dikabulkan Allah Ta'ala 

5. Siwak

Ketua Program Pendidikan Manhaj Istinbath Fatwa Lembaga Dakwah Thariqah Qadiriyah Naqsyabandiyah (LDTQN) Pondok Pesantren Suryalaya Jakarta Ustadz Rakhmad Zailani Kiki mengatakan bersiwak adalah sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, dan bagi yang menggunakannya akan mendapatkan pahala.

Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wassallam bersabda:

"Nabi bersabda, 'Enam hal yang termasuk dari sunah-sunah (tradisi) utusan (Allah) adalah malu, bijaksana, bekam, siwak, memakai parfum, dan banyaknya istri'." (Imam Nawawi, kitab Tanqihul Qaul)

"Di berbagai negara yang menggunakannya, siwak memiliki sebutan yang berbeda-beda. Sekadar contoh, masyarakat Tanzania menamakannya miswak. Sedangkan warga Pakistan dan Indian menyebutnya datan," ungkapnya saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Bermakna Cerdas hingga Pembawa Kebaikan, Ini 10 Rekomendasi Nama Anak Laki-Laki Islami 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini